Lima Desa Wisata, Resmi Mendapatkan SK Bupati Magelang

MUNGKID – Sebanyak lima Desa Wisata hari ini, Rabu 16/09 mendapatkan SK Bupati Magelang yang diberikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Iwan Sutiarso di Kantor Disparpora Kabupaten Magelang.

Hal itu disampaikan oleh Nur Supindahwati selaku Kepala Bidang Destinasi Dan Industri Pariwisata Disparpora Kabupaten Magelang saat ditemui di kantornya.

” Hari ini kami mengundang sebanyak 26 desa wisata. Lima diantaranya kami undang untuk menerima SK Bupati Magelang tentang Desa Wisata. Seperti yang kita tahu, sekarang ini desa wisata yang masuk di daftar kami (Disparpora) sebanyak 52. Namun yang memiliki SK Bupati baru ada 19 tempat Desa Wisata.” Kata Nur Supindahwati.

Kelima Desa Wisata yang mendapatkan SK Bupati tersebut berasal dari Desa Sambeng, Desa Bigaran, Desa Majaksingi, Desa Ngadiharjo dan Desa Giritengah. Semuanya berasal dari Kecamatan Borobudur.

Dirinya juga mengatakan jika sebuah desa wisata ingin mengajukan usulan terkait tentang SK Bupati, syaratnya sangat sederhana yaitu di desa wisata tersebut harus terdapat atraksi, dan atraksi tersebut harus ada pengunjungnya.

” Ada daftar tertulis pengunjung yang dilaporkan pada kami. Dibedakan antara pengunjung domestik dan mancanegara minimal satu tahun yang lalu. Selain itu harus ada perdes yang menguatkan tentang Desa Wisata tersebut. Selanjutnya perlu adanya SK tentang pengelola Desa Wisata. SK tersebut cukup dengan SK Kepala Desa.” Lanjutnya.

Dirinya menjelaskan jika SK Bupati tersebut merupakan sebuah legalitas Desa Wisata. Karena Desa Wisata tersebut merupakan pemberdayaan masyarakat yang paling efektif di tingkat Pemerintah Desa.

” Syarat utama untuk program bantuan dari Kementrian adaah menggunakan SK Bupati. Apalagi terkait dengan Borobudur sebagai Destinasi Super Prioritas, ini sangat berguna.” Tambahnya.

Dirinya menegaskan jika untuk ijin Operasional Desa Wisata yang sudah memiliki SK Bupati tetap harus mengajukan kepada tim Gugus Tugas Kabupaten Magelang. Nur Supindahwati berharap SK Bupati yang sudah diberikan kepada Desa Wisata tersebut dapat memicu Desa Wisata lainnya untuk segera mengajukannya untuk perkembangan desa wisata dalam rangka pemberdayaan masyarakat secara maksimal.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »