Sekilas Merapi 22 SEPTEMBER 2017

 

SISTEM ONLINE MERAMBAH DESA

 

Dengan berkembangnya sistem informasi online secara cepat, maka hingga saat ini telah tercatat 17 desa di Kabupaten Magelang sudah menggunakan sistem secara online untuk memberikan berbagai informasi penting kepada masyarakat.Sekretaris Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Eko Kalisno mengungkapkan, tujuan utama digunakannya sistem informasi desa secara online adalah untuk memberikan berbagai informasi penting kepada warga desa. SID online sendiri hingga saat ini baru digunakan oleh 17 desa se-Kabupaten Magelang. Kendati demikian beberapa minggu lalu Bapermades Kabupaten Magelang telah mengadakan pelatihan mengenai SID tersebut kepada 160 desa. Selain itu, Eko menjelaskan bahwa SID tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai sistem olah data untuk kependudukan dan pelayanan publik.

 

SHOLAT DHUHA BERSAMA  DI MAGELANG

 

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan gerakan Sholat Dhuha serentak di SD dan SMP se-Kota Magelang, Sabtu (23/9) besok. Gerakan Sholat Dhuha serentak ini akan diikuti siswa, guru maupun karyawan yang beragama Islam, baik negeri maupun sekolah swasta Islam.Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Taufik Nurbakin mengatakan, sholat Dhuha serentak ini merupakan murni dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Kota Magelang. Kegiatan diawali dengan pembinaan kepala sekolah dan mengajak siswa, karyawan dan guru yang beragama Islam menjalankan Salat Dhuha serentak. Koordinator MGMP PAI SMP Kota Magelang, Imam Baihaqi mengatakan, Sholat Dhuha serentak dilakukan dalam rangka peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram.Untuk Sholat Dhuha,   akan dilakukan secara serentak sekitar pukul 09.00 WIB di sekolah masing-masing.

 

WALIKOTA BERI BANTUAN KORBAN KEBAKARAN

 

Walikota Magelang, Sigit Widyonindito dan Wakil Walikota, Windarti Agustina beserta pejabat teras di lingkungan Pemkot Magelang menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Boton Kopen, Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah, Jumat (22/9/2017).Korban kebakaran Haryono (52) mengaku saat kejadian kebakaran rumahnya pada Selasa (19/9) sore sedang mengambil sampah. Akibat kebakaran tersebut rumahnya ukuran 3 x 6 meter ludes terbakar dengan kerugian sebesar Rp 7 juta. Selain itu surat-surat penting seperti akta kelahiran, surat nikah maupun lainnya pun ikut terbakar. Pihaknya berharap, dengan kedatangan Walikota tersebut, rumah yang terbakar bisa dibangun kembali.Dalam kesempatan tersebut, Sigit memberikan bantuan dari PMI dan uang tunai senilai Rp 5 juta. Sebagaimana diketahui, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul sekitar pukul 15.00 WIB. Ketika itu, korban Haryono, masih bekerja sebagai petugas pengambil sampah di wilayah Boton.

 

SERTIJAB  WAKIL GUBERNUR AKMIL

 

Brigadir Jenderal TNI Wirana Prasetya Budi menjabat sebagai Wakil Gubernur Akademi Militer menggantikan pejabat sebelumnya, Brigjen TNI Wisnoe PB.Upacara militer serah terima jabatan tersebut berlangsung di Gedung Leo Kailola Kompleks Akmil, lembah Gunung Tidar Kota Magelang, Jumat, dipimpin Gubernur Akmil Mayjen TNI Arif Rahman dan dihadiri para pejabat di lingkungan pendidikan bagi calon perwira TNI Angkatan  Darat .Wirana sebelumnya menjabat Wakil Asisten Personel Angkatan Darat, sedangkan Wisnoe selanjutnya bertugas sebagai Pati Ahli Kepala Staf TNI AD Bidang Manajemen Sishankamneg.Gubernur Akmil Mayjen Arif Rahman mengatakan pergantian pejabat di lingkungan Akmil untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, mengembangkan kemampuan manajerial, memperluas wawasan, dan memperkaya pengalaman perwira.Serah terima jabatan, juga terkait dengan tuntutan dinas dan kebutuhan institusi dalam pembinaan personel maupun pembinaan karier perwira TNI AD yang mengenal adanya sistem tour of duty dan tour of area.

 

KETUA MPR KUNJUNGI  MUNTILAN MAGELANG

 

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengagumi keunggulan pola pendidikan Pondok Pesantren Islam (PPI) Al Iman Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.pihaknya  mengagumi dengan pola pendidikan dan kehidupan yang ada di pesantren, karena lebih unggul dibanding dengan lembaga pendidikan umum.demikian di katakan saat bersilaturahmi di PPI Al Iman di Magelang.Silaturahmi Ketua MPR di PPI Al Iman merupakan rangkaian safari Muharam bersama keluarga besar Muhammadiyah Kabupaten Magelang. Setelah melihat secara langsung sejumlah aktifitas para santri, didampingi putrinya Futri Zulya Savitri, Zulkifli Hasan bersilaturahmi dengan pengasuh PPI Al Iman Muntilan, KH Muhammad Dzuhairi.Menurut  nya  dunia pesantren memiliki karakteristik yang lebih tertata, dengan pola teratur, namun fleksibel dalam membentuk jiwa santrinya sehingga pendidikan pesantren memungkinkan setiap santrinya lebih maju, khususnya dalam mengembangkan kreatifitasnya dan berkarya secara maksimal di kemudian hari.

Sekilas Merapi 21 SEPTEMBER 2017

RUMAH TERBAKAR DI MAGELANG

 

Rumah milik Haryono (55), warga Boton Kopen, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, terbakar, Selasa (19/9/2017) sore. Diduga kebakaran yang terjadi karena ada yang membakar sampah, kemudian merembet menghanguskan rumah.Informasi diperoleh menyebutkan, kebakaran di rumah korban ukuran 3 x 6 meter terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Ketika itu korban Haryono masih bekerja sebagai petugas sampah di wilayah Boton. Kebakaran tersebut diketahui salah satu warga, kemudian memberitahukan kepada warga lain.Laporan terjadinya kebakaran diteruskan menuju Pemadam Kebakaran Kota Magelang dan petugas Polsek Magelang Tengah. Menindaklanjuti laporan tersebut, mobil pemadam meluncur di lokasi untuk memadamkan kobaran api.Kapolres Magelang Kota, AKBP Hari Purnomo melalui Kapolsek Magelang Tengah, AKP Sukendro saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian kebakaran tersebut. Atas kejadian kebakaran tersebut, korban sementara tinggal di rumah mertuanya di Kemirirejo. Sedangkan penyebab kebakaran masih dalam pengusutan petugas.

 

LOMBA LARI  BERHADIAH MILYARAN RUPIHA DI MAGELANG

 

Yayasan Borobudur bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan beberapa pihak swasta kini kembali akan menggelar even lomba lari maraton tingkat internasional pada 19 November mendatang. Lomba maraton yang akan memperebutkan hadiah senilai miliaran rupiah itu menargetkan peserta mencapai 10.000 pelari. Even tahunan tersebut telah diselenggarakan sejak tahun 2013 lalu dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Borobudur. Liem juga menegaskan bahwa dirinya tidak mengejar kuantitas atau jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut.

 

DUTA WISATA MAGELANG

 

Berhasil menyingkirkan 89 peserta duta wisata lain, pasangan Zahrul Khafida Silmi dan Faizal Anggi Tofani akhirnya berhasil menjadi juara pertama pasangan Mas dan Mbak Kabupaten Magelang tahun 2017, Jumat (15/09/2017).Turut hadir dalam acara malam Grand Final Duta Wisata Kabupaten Magelang 2017 kali ini diantaranya Plt. Sekda Kabupaten Magelang, Eko Triono dan didampingi Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso. Pada malam Grand Final Duta Wisata 2017 di sebuah mall di Magelang itu hanya tinggal menyisakan 12 pasangan Mas dan Mbak Kabupaten Magelang. Para peserta duta wisata pun tampil menarik dengan mengenakan batik sogan dan busana jawa modern.Selain itu dari kelima juri yang memberikan penilaian pada malam Grand Final, satu diantaranya adalah istri Bupati Magelang, Tanti Arifin. Dalam kesempatan kali ini pun Tanti juga turut melakukan penilaian dengan memberikan pertanyaan kepada salah satu pasangan duta wisata.

 

LOMBA KREASI  DAN INOVASI DI MAGELANG

 

Badan Penelitian dan Pengembangan Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, menyelenggarakan Lomba Kreasi dan Inovasi (Kreanova), dengan peserta organisasi perangkat daerah dan badan usaha milik daerah untuk mengembangkan karya-karya kreatif dan inovatif jajaran pemkot setempat.Kepala Balitbang Pemkot Magelang Arif Barata Sakti di Magelang, mengatakan kegiatan itu sebagai pertama kali diselenggarakan pemkot setempat dengan peserta kalangan OPD dan BUMD. dukungan positif dari Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito atas kegiatan tersebut karena bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan kreatif dan inovatif peserta dari kalangan tersebut.Jumlah karya kreanova yang masuk panitia lomba, tercatat 26 karya untuk kategori tata kelola pemerintahan, 22 karya kategori pelayanan publik dan lima karya kategori urusan lain.

Sekilas Merapi 20 SEPTEMBER 2017

PRESIDEN KUNJUNGI MAGELANG 

 

Kunjungan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam acara pembukaan Wirakarya Pramuka Maarif Nasional II di lapangan tembak AKMIL Salaman disambut banyak warga, termasuk para siswa SDN Ngadirejo, Senin (18/9/2017). Di sepanjang Jalan Jendral Soedirman misalnya, mereka memberikan sambutan begitu meriah berupa lambaian tangan.Kepala Sekolah SDN Ngadirejo, Isroiyah mengungkapkan, siswa siswi SDN Ngadirejo memang sangat antusias ingin memberikan sambutan selamat datang kepada Presiden Indonesia..Seluruh siswa dan siswi SDN Ngadirejo pun memberikan lambaian selamat datang dengan memegang bendera merah putih. Sebelumnya, sepanjang Jalan Soedirman pun juga telah disterilkan oleh petugas. Sejumlah petugas gabungan dari TNI dan Polri tampak menjaga ketat di setiap persimpangan jalan menuju lapangan tembak AKMIL Salaman.

 

TASAKURAN SUNATAN  UNIK DI MAGELANG

 

Tasyakuran sunatan yang berlangsung di Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, tepatnya di bawah lereng Gunung Andong, berlangsung berbeda, Selasa (19/9/2017).Anak yang baru saja disunat, sebelum sampai rumahnya diarak di atas tandu dengan diiringi para seniman dan tetabuhan hingga menuju rumahnya. Prosesi ini berlangsung meriah dan terbilang berbeda.Maklum saja yang punya gawe yakni Supadi Haryanto dan Supiah. Supadi yang diketahui sebagai Ketua Komunitas Lima Gunung. Untuk itu, proses sunatan putera keduanya, Ahmad Widiantoro dilakukan dengan kirab. Siswa sekolah dasar itu, duduk di tandu yang terbuat dari bambu dengan hiasan janur, kemudian dipikul untuk diarak.Saat diarak sekitar 200 meter hingga menuju rumahnya tersebut, diikuti seniman dari Komunitas Lima Gunung. Terlihat pula, Sutanto Mendut, ikut serta dalam kirab bersama para pimpinan Komunitas Lima Gunung lainnya.

 

PERSIAPAN PILKADA DI MAGELANG

 

Menjelang Pilkada Kabupaten Magelang 2018, pemerintah menggelar rapat koordinasi penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang Tahun 2018 di sebuah hotel di Magelang, Selasa (19/9/2017).Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut yakni Bupati Magelang yang diwakili oleh Plt. Sekda, Eko Triyono, Kepala Kejari Kabupaten Magelang, Eko Hening Wardono, Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afiffuddin, serta seluruh jajaran Forkompinda.Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afiffuddin menyatakan bahwa Pilkada Magelang 2018 akan melalui dua tahapan yang harus dilaksanakan dengan seksamaIa juga menyebut, peran TNI dan Polri dalam hal pengamanan dan mengawal jalannya Pilkada menjadi salah satu hal penting.

 

PRESIDEN DAPAT HADIAH KAOS WARGA

 

Disela kegiatan pembukaan Perkemahan Wirakarya Pramuka Maarif Nasional (Perwimanas) oleh Presiden Republik Indonesia, Senin (18/09), ternyata ada kejadian menarik yang luput dari pandangan masyarakat.Jika biasanya Jokowi memberikan hadiah berupa sepeda kepada masyarakat yang berhasil menjawab pertanyaan, maka kali ini justru ada salah satu guru yang mencoba menerobos Paspampres dan kerumunan masyarakat yang mengepung Jokowi. Dia nekat karena kebelet bersalaman dengan presiden sekaligus foto bersama.Najib Aulia Zaman, salah satu guru di MI Maarif Jerukagung, Kecamatan Srumbung berhasil berfoto dan memberikan kenang-kenangan berupa kaos lukis bergambar karikatur Jokowi hasil karyanya sendiri. Pria yang mempunyai hobi melukis tersebut mengaku bangga karena dapat memberikan lukisannya secara langsung kepada orang nomor satu di Indonesia itu.

 

PENDAFTARAN  CALEG   HANURA DI MAGELANG 

 

Dewan Pimpinan Cabang Partai Hati Nurani Rakyat (DPC Hanura) Kota Magelang mulai menerima pendaftaran bakal calon legislatif (Caleg) untuk pileg 2019. Kendati Pileg masih 2019, namun sengaja dilakukan sejak awal untuk mencari kader-kader yang terbaik.Ketua DPC Hanura Kota Magelang, IR Jatmiko mengatakan, DPC Hanura Kota Magelang telah mulai menerima pendaftaran caleg. Hal ini dilakukan sejak awal untuk merapatkan barisan.Pendaftaran caleg mulai dilakukan,   agar mendapatkan caleg yang berintegritas, tidak korupsi dan mendapatkan sosok yang diharapkan masyarakat.Dalam Pileg 2019 mendatang DPC Hanura Kota Magelang menargetkan bisa meraih empat kursi. Sedangkan saat ini, Hanura Kota Magelang hanya memiliki dua kursi di DPRD Kota Magelang hasil pemilu 2014 lalu.

Sekilas Merapi 19 SEPTEMBER 2017

PERSIAPAN PILKADA DI JAWA TENGAH

 

Tabuhan genderang pemilihan kepala daerah secara serentak dengan puncaknya, yakni hari pemungutan suara pada 27 Juni 2018, sudah terdengar.Di seluruh Indonesia, pilkada serentak putaran kali ini  berlangsung di 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota. Di Provinsi Jawa Tengah, selain digelar pemilihan gubernur, juga pemilihan bupati dan wali kota di tujuh daerah, yakni Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Kudus, Kabupaten Karanganya, dan Kabupaten Magelang.Gaung berbagai persiapan pilkada mulai ramai tertangkap. Pada September tahun ini gaung keramaian tersebut berupa pembentukan badan penyelenggara pemilu hingga tingkat kelurahan. Persiapan tak hanya oleh penyelenggara pesta demokrasi, tetapi juga berbagai partai politik dan para bakal calon kepala daerah, termasuk petahana yang masih berada di arena kerja politik birokrasi.

 

MINAT PELAJAR NABUNG TINGGI

 

Minat para pelajar di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, untuk menabung cukup tinggi, kata Direktur Utama Bank Bapas 69 Magelang Fran Suharmaji.Minat para pelajar mengikuti program Simpanan Pelajar (Simpel) Bank Bapas 69 luar biasa.Demikian di katakana  di Magelang, Senin 18 september 2017 .Ia menyebutkan total penabung Simpel sampai sekarang sekitar 10.000 dengan nominal hampir Rp10 miliar.Harapan dari pemerintah kepada masyarakat, khusunya para pelajar, cukup besar. Harapannya para pelajar mengenal perbankan sejak dini.Dengan mengenal perbankan, diharapkan ke depan setelah para pelajar itu hidup di dunia nyata sebagai pengusaha dan sebagainya, mereka tidak asing lagi terhadap perbankan.Sebagai bank milik pemerintah daerah, tentu ada dua hal yang harus dijalani bersama-sama, yakni selain pendapatan asli daerah (PAD) tentunya juga sebagai pemberdaya ekonomi masyarakat.

BJBM AKAN SEGERA DI GELAR DI BOROBUDUR

 

Pelaksanaan Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) pada 19 November 2017 diharapkan dapat mengangkat potensi ekonomi masyarakat sekitar Candi Borobudur.demikian di katakan Ketua Yayasan Borobudur Liem Chie An.Harapan  nya sederhana, masyarakat Borobudur ikut memanfaatkan momentum BJBM. Ketika para pelari datang dari luar daerah dan luar negeri maka pasti membutuhkan penginapan, makan, cinderamata, tukang ojek sampai tukang pijat.demikian di katakana saat  di Magelang .Ia mengatakan hal tersebut usai peluncuran jersey dan medali BJBM 2017 di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Waroeng Kopi" Desa Ngaran, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.Ia menyebutkan BJBM 2017 membatasi jumlah peserta hanya sampai 10.000 pelari. Jumlah ini lebih sedikit dibanding jumlah peserta BJBM tahun-tahun sebelumnya.

MENTRI BUMN KUNJUNGI  BOROBUDUR

 

Menteri BUMN Rini Soemarno bersama beberapa Dirut BUMN menyaksikan matahari tenggelam (sunset) di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wanurejo, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu.Sambil menunggu matahari terbenam, Menteri BUMN menikmati hiburan dengan memancing ikan di Embung Banyu Panguripan di kompleks balkondes tersebut.Pada kesempatan tersebut Menteri BUMN mendapat dua ekor ikan, yakni nila dan lele.Menteri BUMN juga menikmati minum kopi serta mencicipi makanan tradisional dan makan durian menoreh di Balkondes Wanurejo.Selain itu, ia juga meninjau kegiatan ibu-ibu PKK serta kegiatan anak-anak yang mengikuti bimbingan belajar di balkondes. Menteri BUMN bahkan menyempatkan diri untuk berfoto bersama anak-anak.Kepala Desa Wanurejo, Umi Aminah saat berdialog dengan Menteri BUMN menyampaikan bahwa untuk menunjang kegiatan Balkondes Wanurejo perlu pendampingan.

BANK JATENG MARATON SEGERA DI GELAR

 

Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) yang bakal digelar pada 19 Nopember 2017 tidak hanya mengajak para peserta untuk berolahraga, tetapi juga untuk ajang promosi wisata di Kabupaten Magelang dan Provinsi Jawa Tengah.Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah Urip Shihabudin di Magelang, mengatakan pihak Pemprov Jateng memiliki komitmen penuh untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan kegiatan tersebut.Ia mengatakan hal tersebut usai penyerahan jersey dan medali yang akan digunakan pada BJBM 2017 dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Yayasan Borobudur kepada pihak Bank Jateng serta Harian Kompas yang akan bertindak selaku penyelenggara.Urip menuturkan BJBM tidak hanya bermanfaat untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan mancanegara, ajang ini diharapkan memiliki andil besar dalam mencetak atlet-atlet berbakat baru yang mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia di tingkat internasional.

SELEKSI PANWASCAM MAGELANG

 

Sebanyak 24 orang dari 317 peserta tes tertulis calon pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tidak hadir.Tes tertulis yang diselenggarakan di Gedung Olahraga Gemilang, Kabupaten Magelang, hanya dihadiri 293 peserta.Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten (Panwaskab) Magelang, Habib Saleh mengatakan peserta yang lolos administrasi ada 317 orang, kemudian yang berangkat tes ada 293 orang. nantinya dari 293 orang yang ikut tes tertulis akan diambil sebanyak 126 orang.Dengan asumsi setiap kecamatan diambil enam orang dikalikan 21 kecamatan. Kalau nantinya ada yang nilainya sama bisa diambil tujuh orang per kecamatan untuk tes wawancara.Menurut nya  dari 24 orang yang tidak hadir mengikuti tes tertulis dipastikan gugur. tes wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 19-20 September 2017.tes wawancara akan berlangsung selama dua hari di Kantor Panwaskab Magelang.

Sekilas Merapi 18 SEPTEMBER 2017

 

REKONTRUKSI PEMBUNUHAN PELAJAR SMA TN  MAGELANG

 

Kepolisian Resor Magelang, Jawa Tengah, menggelar prarekonstruksi kasus dugaan kekerasan yang menimpa siswa SMA Taruna Nusantara Magelang.Kegiatan yang berlangsung tertutup di kompleks SMA Taruna Nusantara,   menurut Kapolres Magelang, AKBP Hindarsono bertujuan untuk memperjelas, menyinkronkan hasil penyelidikan dan pemeriksaan para saksi dengan kejadian di lapangan.Ia menuturkan dalam penanganan kasus ini pihaknya berusaha tetap profesional saat memeriksa saksi maupun terduga pelaku.pihaknya  juga akan upayakan dari pihak sekolah dan keluarga korban, nanti seperti apa. Kalau memang akan ada pertemuan, silakan. pada prarekonstruksi ini melibatkan enam siswa SMA Taruna Nusantara. selama ini pemeriksaan dilakukan di kompleks SMA Taruna Nusantara. Ke depan, akan memindah proses pemeriksaan di Mapolres Magelang.Ia berharap pihak sekolah bisa membuka diri dan bekerja sama dalam penyelidikan kasus dugaan kekerasan ini sehingga kasus serupa tidak lagi terjadi di masa depan.

 

PEDAGANG TERIMA  SITU DI MAGELANG

 

Sebanyak 20 pedagang di Pasar Rejowinangun Kota Magelang, Jawa Tengah, menerima surat izin tempat usaha (SITU) sebagai bukti status legal mereka yang menempati kios dan los untuk berjualan di pasar itu.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Magelang Joko Budiyono usai penyerahan SITU kepada pedagang di Magelang, mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu memproses secara gratis pembuatan SITU untuk para pedagang.Proses pengajuannya secara gratis. SITU dikeluarkan oleh DPMPTSP, prosesnya pedagang mengajukan permohonan ke UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pasar Rejowinangun lalu diproses oleh DPMPTSP.Hadir dalam acara penyerahan SITU tersebut, antara lain Kepala UPT Pasar Rejowinangun Harry Soeprijadi, Kepala Bidang Perizinan DPMPTSP Marjinugroho, Kepala Seksi Pemberdayaan, Penataan Pedagang, dan Pendapatan Pasar Disperindag Pemkot Magelang Anita Dewayanti.
Hingga akhir 2017, pihaknya menargetkan pemberian SITU kepada 432 pedagang yang menempati los dan kios di pasar tradisional terbesar di kota .

PENDAPATAN STADION  KOTA MAGELANG AKAN TURUN 

 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Magelang, Jawa Tengah, selaku pengelola Stadion Moch Subroto khawatir pendapatan dari sewa stadion turun dengan terdegradasinya PPSM Sakti ke Liga 3 Indonesia.Sebagai pengelola stadion kami ikut prihatin dengan terdegradasinya PPSM, terutama terkait dengan pendapatan yang diraih dari pertandingan resmi diperkirakan akan mengalami penurunan.demikian di katakan Plt Kepala DPU-PR Kota Magelang Yonas Nusantrawan di Magelang.
Ia mengatakan dengan terdegradasinya PPSM ke Liga 3 Indonesia tentu nilainya berbeda dengan saat berada di Liga 2 sehingga pendapatan dari sewa stadion akan menurun.    selama pertandingan Liga 2 Indonesia sebanyak tujuh kali Pemkot Magelang mampu meraup pendapatan Rp70 juta. Belum lagi pendapatan dari sesi latihan, pertandingan persahabatan, turnamen, dan lainnya.

 

PENGATURAN  PENDISTRIBUSIAN GAS LPG

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan distribusi elpiji bersubsidi ukuran 3 kilogram dilakukan tertutup agar penyalurannya tepat sasaran sekaligus mengantisipasi kelangkaan gas di masyarakat.Jangka panjangnya saya mengusulkan waktu rapat di Istana Negara agar gas melon (elpiji 3 kg) ini diberikan pada orang yang memegang identitas, identitas mohon maaf ya kemiskinan ya sehingga kalau dia menebus itu ditunjukkan, baru dilayani.demikian di katakan di sela kunjungan kerja di Kabupaten Kebumen.Menurut Ganjar, jika distribusi elpiji 3 kg tetap dilakukan dengan cara terbuka seperti sekarang dan semua lapisan masyarakat bisa membeli secara bebas, maka akan terjadi kelangkaan serta penyalurannya tidak tepat sasaran.Sebagai penanganan jangka pendek terkait kelangkaan elpiji 3 kg di pasaran beberapa waktu terakhir, Ganjar meminta kepada pihak terkait untuk melakukan operasi pasar.

PROGRAM PADAT KARYA KOTA MAGELANG  BANTU WARGA

 

Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, melaksanakan program padat karya nonbahan dengan melibatkan total pekerja 1.088 orang di daerah ini.Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkot Magelang Sumartono di Magelang, mengatakan pelaksanaan program selama 20 hari tersebut untuk berbagai lokasi di 17 kelurahan yang meliputi tiga kecamatan di kota setempat.
Setiap lokasi, saat pencanangan program itu di Kampung Pasar Telo Kota Magelang melibatkan 64 pekerja, sedangkan total tenaga kerja yang terserap 1.088 orang dengan total upah Rp986 juta. Ia menjelaskan tujuan utama program tersebut untuk menciptakan lapangan kerja sementara, yang dapat memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat, khususnya kalangan miskin dan mereka yang kehilangan penghasilan atau pekerjaan tetap. pengaturan pelaksanaan program padat karya nonbahan yang bertahap berdasarkan wilayah kecamatan. Di Kecamatan Magelang, program tersebut dilaksanakan pada 13 September-5 Oktober 2017, Magelang Utara pada 18 September-10 Oktober, dan Magelang Selatan pada 2-24 Oktober 2019.

Sekilas Merapi 16 SEPTEMBER 2017

POLISI TANGKAP PENGGELAPAN  MOBIL

 

Polsek Mertoyudan berhasil menangkap pelaku penggelapan, PP (41), warga Magersari, Kota Magelang dan SA (53), warga Kajoran, Kabupaten Magelang, sebagai penadah mobil rental. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, keduanya masih menjalani pemeriksaan petugas.Informasi diperoleh menyebutkan pada Senin (21/8/2017) sekitar pukuk 20.30 WIB, pelaku datang di rumah korban Arsi Oktriana (31) di Jalan Garuda Perum Griyo Indah, Sumberejo, Mertoyudan. Ketika itu pelaku bermaksud menyewa mobil Daihatsu Xenia per harinya Rp 200 ribu. Pelaku pun saat itu membayar tunai kepada korban sesuai dengan kesepakatan.Rupanya, setelah habis masa sewanya, pelaku tak kunjung mengembalikan mobilnya. Kemudian, pada Rabu (23/8/2017) sekitar pukul 03.00 WIB, pelaku sempat mengirim pesan kepada korban yang menyampaikan jika mobilnya telah digadaikan di daerah Kajoran.Atas kejadin ini korban yang merasa dirugikan oleh perbuatan pelaku, kemudian melaporkan kasus itu ke Polsek Mertoyudan. Dalam laporan disebutkan, korban mengalami kerugian mobil Daihatsu Xenia warna Abu-abu metalik AD 9375 DL seharga Rp 80 juta.Kapolres Magelang, AKBP Hindarsono melalui Kapolsek Mertoyudan AKP Panca Widarsa, Jumat (15/9/2017) mengatakan, menindaklanjuti laporan korban tersebut petugas melakukan penyelidikan hingga berhasil menangkap kedua pelaku. Untuk PP ditangkap, Selasa (12/9/2017), sekitar pukul 23.00 WIB di daerah Sidomukti, Kota Salatiga.Kemudian, berdasarkan pengakuan PP kendaraan tersebut telah digadaikan di daerah Kajoran Magelang. Untuk itu petugas terus melakukan penyelidikan dan Rabu (13/9/2017) sekitar pukul 04.30 WIB berhasil mengamankan SA di rumahnya. Petugas juga mengamankan barang bukti berupa mobil yang digadainya sebesar Rp11 juta. Kini keduanya diamankan di tahanan Polres Magelang.

 

LAKALANTAS ANGKUTAN

 

Sebuah mobil mengangkut buah melon menabrak dua sepeda motor yang sedang parkir di Jalan Umum Ngluwar-Magelang, tepatnya di depan Toko Jaket di Dusun Blongkeng, Desa Blongkeng, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Kamis (14/9) malam. Akibat kecelakaan ini, seorang warga terluka dilarikan menuju RSUD Muntilan.Informasi diperoleh menyebutkan, kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 21.30 WIB. Ketika itu meluncur mobil Misubishi AB 8685 GC yang dikemudikan, Yusup (36), warga Pleret, Kulon Progo, dari arah Ngluwar menuju Muntilan.Mobil yang membawa buah melon saat melintas di lokasi tersebut tiba-tiba oleng ke kiri terus menabrak dua sepeda motor AA 2680 WB dan AB 5248 GU yang sedang parkir di bahu jalan sebelah kiri.Selain menabrak dua sepeda motor, mobil ini masih melaju menabrak orang yang tengah berdiri di bahu jalan yakni Dul Rochim (45), warga Ngluwar. Kendati demikian, mobil malam itu masih berjalan dan baru berhenti setelah menabrak tembok toko. Sedangkan korban yang terluka di bagian kepala dilarikan menuju RSUD Muntilan untuk mendapatkan perawatan.Kasat Lantas Polres Magelang, AKP Didi Dewantoro melalui Kanit Laka Ipda Abdilah saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut.

 

HUT POLWAN MERIAH

 

Dalam rangka HUT Polwan ke-69, Polres Magelang menggelar turnamen bola voli di halaman depan Gedung Bhayangkara, Jumat (15/9/2017).Selain dalam rangka memperingati HUT Polwan, turnamen bola voli kali ini sekaligus memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) yang ke-65.Bersamaan dengan itu juga telah dilaksanakan kegiatan kemanusiaan beberapa waktu lalu yakni seperti donor darah serta memberikan bantuan kepada keluarga yang kurang mampu.Seluruh tim Polwan dan ranting Bhayangkari ikut serta dalam lomba voli. Mereka sangat antusias berusaha untuk menjadi juara pertama.Adapun hasil akhir dari pertandingan voli kali ini yakni juara I dimenangkan oleh gabungan ranting Kaliangkrik dan Kajoran, juara II diraih oleh tim Bhayangkari staf, juara III diraih oleh gabungan ranting Sawangan dan Dukun. Sedangkan tim Polwan sendiri hanya berhasil meraih juara IV.

 

WASPADAI PIL BERBAHAYA

 

Banyaknya korban berjatuhan tak sadarkan diri serta mengalami halusinasi akibat obat Paracetamol, Caffeine, Carisoprodol (PCC) di Kendari, Sulawesi Tenggara, Kapolres Magelang, AKBP Hindarsono menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap keberadaan obat tersebut.Dari data terakhir, sudah terdapat 68 korban akibat obat PCC tersebut dan 2 diantaranya meninggal dunia. Dengan adanya keberadaan obat tersebut, pihak Kepolisian Polres Magelang juga telah melakukan deteksi awal untuk mengantisipasi keberadaan obat PCC.Kepolisian juga telah melakukan pemeriksaan kepada pihak rumah sakit untuk memastikan tidak terdapat pasien yang terindikasi telah mengkonsumsi obat ini.

 

SELAKSI PANWAS MAGELANG

 

Animo masyarakat untuk menjadi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di sejumlah kecamatan di Kabupaten Magelang ternyata lumayan tinggi. Hal ini terbukti pendaftar mencapai 326 orang dan yang dinyatakan lolos administrasi 318 orang. Mereka yang lolos administrasi, selanjutnya akan mengikuti tes tertulis pada Sabtu (16/9/2017)   di GOR Gemilang.Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten (Panwaskab) Magelang, M.H Habib Shaleh mengatakan, dari 326 orang yang mendaftar tersebut terdiri yang terdiri 241 laki-laki dan perempuan 85 orang, kemudian lolos administrasi ada 318 orang.Sedangkan untuk tiga kecamatan jumlah pendaftar di atas 20 orang yakni Kecamatan Mertoyudan 26 orang, Secang 21 orang dan Bandongan 22 orang. Adapun kecamatan dengan pendaftar terendah yakni Kecamatan Ngablak 8 orang.Sementara itu Komisioner Panwaskab Magelang, Sumarni Aini Chabibah menambahkan, setelah proses penelitian berkas sebanyak delapan pendaftar dinyatakan gugur. Adapun pendaftar yang lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti seleksi tertulis sebanyak 318 orang.

 

Sekilas Merapi 15 SEPTEMBER 2017

PAWE MEMEDI SAWAH DI MAGELANG

 

Suasana berbeda terlihat di kompeks Candi Ngawen, Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Kamis (14/09/2017). Sejumlah iring-iringan memedi sawah (orang-orang sawah) mengelilingi kompleks Candi Ngawen.Jika biasanya memedi sawah tersebut digunakan untuk mengusir hama maupun burung yang memakan padi. Sedangkan ini sengaja dipamerkan kepada masyarakat, namun sebelumnya sempat diarak keliling desa. Dalam Festival Candi Ngawen diikuti sebanyak 27 dusun di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan.Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, mengatakan, festival ini dilangsungkan salah satunya bertujuan untuk menarik wisatawan di Kabupaten Magelang. Selain itu, juga untuk menggerakkan desa wisata dan wisata pedesaan.Sementara itu, Ketua Panitia Festival Candi Ngawen AL Saptandyo menambahkan, dalam festival kali ini mengangkat tema nasi wiwit dan memedi sawah.

 

PROGRAM PADAT KARYA  MAGELANG

 

Sebanyak 1.088 warga Kota Magelang yang tersebar di 17 kelurahan mengikuti program padat karya nonbahan. Program padat karya yang dilangsungkan selama 20 hari tersebut menghabiskan anggaran nyaris satu miliar. Kegiatan tersebut dilangsungkan untuk perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat.Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Magelang, Sumartono mengatakan, program padat karya diikuti 1.088 pekerja dengan anggaran sebesar Rp 986 juta.Untuk padat karya nonbahan dilaksanakan secara bertahap berdasarkan wilayah kecamatan. Untuk kelurahan di wilayah Kecamatan Magelang dilaksanakan tanggal 13 September sampai dengan 5 Oktober 2017, kemudian wilayah Magelang Utara mulai tanggal 18 September sampai dengan 10 Oktober 2017. Sedangkan untuk wilayah Magelang Selatan dilaksanakan mulai tanggal 2 Oktober sampai dengan 24 Oktober 2017.

 

LAPANGAN SEPAK BOLA RUSAK DI MAGELANG

 

Pasca digunakan sebagai acara puncak Haornas XXXIV tingkat nasional, Stadion Moch. Soebroto Kota Magelang untuk sementara waktu ditutup untuk aktivitas sepakbola. Penutupan sementara ini dilakukan untuk memperbaiki kondisi rumput yang ada di dalam stadion.  Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Magelang, Puji Hartono mengatakan, fasilitas stadion yang terkena dampak perayaan Haornas hanya rumput. Sedangkan untuk fasilitas lainnya dalam kondisi baik termasuk tempat duduk.Untuk perbaikan tersebut, katanya, menjadi kewajiban DPU untuk memulihkan kondisi rumput sesegera mungkin. Dia menambahkan, sesaat setelah puncak acara selesai digelar, petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup langsung bergerak membersihkan stadion. Mereka juga dibantu oleh personil Satpol PP. 

 

RAZIA BUS DI MAGELANG

 

Tim gabungan terdiri Dinas Perhubungan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Magelang Kota, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Magelang dan Sub Denpom IV/2-1 Magelang, melakukan operasi di Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL), Rabu (13/9/2017). Dalam KTL tersebut berhasil menilang lima bus yang melintas di Jalan Tidar, Kota Magelang.Kasat Lantas Polres Magelang Kota, AKP Marwanto mengatakan, dalam KTL yang dilakukan berhasil melakukan penindakan dan menemukan 30 pelanggaran terhadap pengendara. Dari 23 tersebut meliputi tujuh ditilang dan memberikan teguran kepada 23 pengendara.Sementara itu, Kaur Bin Ops Lantas, Iptu Setya menambahkan, operasi dilangsungkan di Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL) yakni Jalan Sudirman, Tidar, Tentara Pelajar, Pahlawan, Ahmad Yani dan Pemuda.Dalam operasi KTL, katanya, baru kali berhasil mendapati bus yang melintas di wilayah tersebut. Hal mengingat kebanyakan didominasi pengendara sepeda motor dan mobil pribadi. Kemudian, untuk   sepeda motor dan mobil yang parkir di trotoar diberikan teguran simpatik.

 

GEDUNG SEKOLAH RUSAK

 

Eternit Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maarif di Dusun Rejosari II, Desa Tanjunganom, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang mengalami ambrol pada Rabu (13/9/2017) siang. Ambrolnya eternit mengakibatkan dua siswa terluka karena tertimpa reruntuhan.Informasi diperoleh menyebutkan, kejadian ambrolnya eternit disertai genteng tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Ketika itu para siswa kelas IV-VI sedang belajar Matematika di ruang kelas VI. Ambrolnya atap tanpa ada tanda-tanda sebelumnya.Para siswa perempuan duduk di kursi, sedangkan siswa laki-laki duduk di tikar. Ambrolnya eternit serta atap melukai Farel (10), siswa kelas VI, warga Dusun Rejosari II dan Febrian (9), siswa kelas IV, warga Dusun Kranjangkidul, Desa Sidosari, Salaman.Kedua korban yang terluka kemudian dilarikan menuju Puskesmas Salaman untuk mendapatkan perawatan.

Sekilas Merapi 14 SEPTEMBER 2017

HUT SATLANTAS POLRES MAGELANG

 

Memperingati HUT ke-62 Satuan Lalu Lintas Polres Magelang melakukan droping air bersih di wilayah Kecamatan Salaman, Rabu (13/9/2017). Bantuan tiga tangki air bersih didistribusikan kepada warga Dusun Tubansari dan Kalisari, Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman.Kepala Dusun Tubansari, Marwandi mengatakan, jumlah warga ada 303 KK, namun yang rawan air bersih warga RT 02, 04 dan RT 07 sekitar 97 KK sekitar 388 jiwa.Untuk di Dusun Kalisari ada tiga RT yakni RT 01,02 dan 03 sekitar 98 KK.Sementara itu, Kasat Lantas Polres Magelang, AKP Didi Dewantoro mengatakan, bakti sosial yang dilakukan di Dusun Tubansari, Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Magelang.

 

SMART CITY MAGELANG

 

Guna memantau seluruh kegiatan yang ada di Kabupaten Magelang dan memaksimalkan waktu yang dimiliki, Bupati Magelang, Zaenal Arifin berkomitmen akan segera menggunakan serta mengaktifkan sistem smart city dalam waktu dekat ini.Zaenal Arifin mengatakan bahwa tak lama lagi Kabupaten Magelang akan segera menggunakan sistem smart city untuk menunjang kinerja dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten.Adanya sistem itu,   nantinya akan mengkoneksikan seluruh kegiatan yang ada di desa, kecamatan,dan kabupaten, serta memantau potensi - potensi yang ada di wilayah.Zaenal juga berharap bahwa penggunaan smart city bisa segera terealisasi tahun 2017 ini. Saat ini pihaknya sedang menyusun konsep, serta melihat anggaran yang nantinya juga harus disetujui oleh pihak DPRD.

 

OJEK ONLINE DI TOLAK DI MAGELANG

 

Jika sebelumnya Pemerintah Kota Magelang telah menutup kantor ojek berbasis online yang berada di Jalan Kolonel Sugiyono, kini Pemerintah Kabupaten Magelang juga melakukan penolakan. Penolakan tersebut disampaikan Organda kepada Bupati Magelang Zaenal Arifin.Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang Djoko Cahyono mengatakan, Organda telah menyampaikan surat kepada bupati terkait penolakan ojek berbasis online. Sebagaimana dari Kemenhub, tidak akan memberikan izin operasional ojek online sebelum ada regulasi resmi yang dikeluarkan. Kendati belum memiliki izin operasional, pihaknya tidak menampik jika selama ini ojek online telah beroperasi di wilayah Kabupaten Magelang. Sejauh ini pihaknya juga belum menerima permintaan atau permohonan perizinan operasional dari pengelola ojek online manapun.

 

DUTA WISATA BERTARUNG

 

Sebanyak 24 calon Duta Wisata Kabupaten Magelang 2017 melakukan audiensi bersama Bupati Magelang, Zaenal Arifin di rumah dinas bupati, Selasa (12/09/2017).Dalam audiensi tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang,Iwan Sutiarso mengungkapkan bahwa pada awalnya peserta duta wisata itu berjumlah 91 orang. Setelah melalui beberapa seleksi hingga menjelang babak grand final, saat ini jumlah peserta tinggal tersisa 24 orang. Babak final rencananya bakal dilangsungkan pada tanggal 15 September 2017 di sebuah hotel di Magelang.Dalam proses seleksinya sendiri, Disparpora mendaulat 4 orang juri yang diantaranya adalah Hari Murti, seorang general manager hotel, Sus Anggoro, salah satu budayawan di Kabupaten Magelang, Totok Prihasmanto, seorang Duta Wisata angkatan 1996, dan Hikamtul, seorang pskiater.Bupati Magelang, Zaenal Arifin sangat mengapresiasi semangat para Duta Wisata Kabupaten Magelang meskipun anggaran tahun ini hanya mencapai Rp 29 juta. Anggaran itu jauh lebih kecil dibanding tahun lalu yang mencapai Rp 129 juta.Kendati demikian,Zaenal juga berjanji bahwa di tahun depan anggaran tersebut akan dikembalikan pada nominal yang sama seperti tahun 2016.

 

PABRIK TAHU TERBAKAR

 

Sebuah dapur pabrik tahu di Dusun Puton, Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang terbakar, Minggu (10/9/2017) pagi. Penyebab kebakaran dapur pabrik tahu tersebut kini masih dalam penyelidikan petugas.Informasi  yang ada menyebutkan  kebakaran dapur pabrik tahu milik Suwito (50), diketahui terbakar sekitar pukul 04.00 WIB. Ketika itu, Cahyo, warga setempat saat perjalanan pulang dari tempat hajatan mengetahui ada kobaran api di rumah korban. Spontan, saksi pun terus berteriak karena melihat kebakaran.Ketika itu pula warga sekitar yang mendengar teriakan tersebut terus berdatangan untuk memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya. Kemudian, termasuk pula melaporkan kejadian menuju Polsek Borobudur dan diteruskan menuju Pemadam Kebakaran. Menindaklanjuti laporan tersebut, 4 unit pemadam kebakaran diterjunkan di lokasi untuk memadamkan kobaran api. Api berhasil dipadamkan kurang lebih pada pukul 05.30 WIB.

Sekilas Merapi 13 SEPTEMBER 201

 

PENCANANGAN KAMPUNG KB

 

Pencanangan Kampung KB yang dilaksanakan di Dusun Banjaran 1, Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur disambut meriah dengan berbagai pentas kesenian, Selasa (12/09/2017).Beberapa kesenian yang ikut memeriahkan dalam acara Pencanangan Kampung KB tersebut antara lain Tari Kubro, Tari Dayakan,dan beberapa pentas tari dari warga setempat.Pada kesempatan yang sama, Bupati Magelang, Zaenal Arifin juga melakukan verifikasi 10 Program pokok PKK sekaligus meresmikan Posyandu di Dusun Banjaran 1.Sedangkan Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Magelang, Retno Pujiastuti mengungkapkan, sejak dicanangkannya Kampung KB dari tahun 2016 hingga saat ini di Kabupaten Magelang sudah terdapat 78 Kampung KB.

 

PERINGATAN HUT PEPABRI

 

Mantan Pangkostrad Letjen TNI (Purn) Bibit Waluyo yang juga Mantan Gubernur Jawa Tengah menghadiri Peringatan HUT ke-58 Pepabri di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang, Selasa (12/9/2017).Tampak hadir pula para sesepuh Pepabri dan undangan lainnya. Tak ketinggalan hadir pula Komandan Kodim 0705/Magelang Letnan Kolonel Inf Hendra Purwanasasi.Letjen TNI (Purn) Bibit Waluyo memberikan nasehat, petuah dan imbauan kepada seluruh hadirin untuk selalu solid. Selain itu meminta agar jangan sampai luntur sikap dan jiwa nasionalismenya.Sementara itu, Ketua Panitia, Kolonel (Purn) H Budiharto mengatakan, baru-baru ini pemerintah mengeluarkan PP Nomor : 2/2017 yaitu melarang berada organisasi kemasyarakatan yang anti-Pancasila.

 

PASIEN NARKOBA MENINGKAT

 

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Temanggung sejak Januari 2017 hingga sekarang telah merehabilitasi terhadap 51 orang yang terkena pengaruh penyalahgunaan narkoba.Dari 51 orang tersebut, 80 % diantaranya berasal dari Kabupaten Temanggung, sedangkan sisanya seperti Kabupaten dan Kota Magelang. Bahkan yang memprihatinkan dari 51 orang tersebut seorang diantaranya pelajar yang masih berusia 14 tahun.Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kabupaten Temanggung, Sony Hendrawan mengatakan, kalangan mahasiswa dan pelajar memang menjadi penyalahguna narkoba terbesar kedua setelah pekerja. Sementara terbesar ketiga diduduki orang-orang yang tidak bekerja.Untuk kasus di Temanggung belum lama ini,   ada 9 anak sekolah yang kedapatan mengonsumsi pil Excimer di saat jam pelajaran pertama di sekolahnya. Kasus ini terungkap karena adanya laporan dari siswa yang prihatin dan setelah dilakukan penyelidikan ditemukan 42 anak yang telah mengonsumsi pil ini.

 

PELAYANAN PUBLIK  TERUS DI TINGKATKAN DI MAGELANG KOTA

 

Pemerintah Kota Magelang berupaya mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas serta mengubah paradigma pola penyelenggaraan yang berorentasi kepada kebutuhan masyarakat. Untuk itu harus menerapkan pedoman standar pelayanan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina saat membuka acara sosialisasi pelayanan publik di Ruang Adipura Kencana, Selasa (12/9/2017).Sesuai amanat UU No 25 Tahun 2009, pelayanan publik merupakan kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan  sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara.Dulu standar pelayanan tidak terukur dengan baik. Sejalan dengan amanah UU tentang pelayanan public, maka dibuat standar pelayanan yang baku untuk dapat dijadikan acuan dalam menerapkan standar pelayanan.Kepala Bagian Organisasi Setda, Sri Tjahyani Prasetyowati menambahkan, materi sosialisasi pelayanan publik tahun 2017 merupakan gambaran umum terkait dengan pelaksanaan amanat UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik di Pemkot Magelang.

 

TINGKATKAN MINAT BACA  DENGAN PERPUSTAKAAN KELILING

 

Upaya Pemerintah Kabupaten Magelang dalam menumbuhkan minat baca melalui perpustakaan keliling dirasa masih kurang maksimal. Pasalnya tak seluruh wilayah di Magelang dapat tersasar secara merata.Pustakawan Kabupaten Magelang, Wahyu Puji Pamungkas menuturkan, tujuan utama dari perpustakaan keliling ini adalah untuk menumbuhkan minat baca pada masyarakat. Kendati demikian hingga saat ini Pemkab Magelang sendiri baru memiliki 3 armada mobil perpustakaan keliling.Walaupun demikian, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang juga memiliki strategi lain untuk menutup kekurangan itu, salah satunya dengan membina perpustakaan di berbagai desa dan sekolah-sekolah.

Sekilas Merapi 11 SEPTEMBER 2017

GOWES HAORNAS DI MAGELANG

 

Ada yang unik dengan even Gowes Pesona Nusantara 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Magelang, Sabtu (09/09/2017). Pasalnya even tersebut tak hanya diikuti oleh peserta yang menggunakan sepeda modern saja, melainkan juga diikuti para peserta yang menggunakan sepeda klasik yakni sepeda unta.Yang membuat acara gowes tersebut menjadi lebih menarik adalah hadirnya klub sepeda ontel klasik Melati berasal dari Dusun Melaten, Desa Donorojo, Kecamatan Mertoyudan, Magelang.Ketua Sepeda Ontel Klasik Melati, Imam Supardi mengungkapkan, gowes menggunakan sepeda klasik bersama teman - teman satu klubnya lebih memiliki sensasi tersendiri.Selain menggunakan sepeda klasiknya, ratusan peserta sepeda unta ini juga menggunakan atribut yang tidak semestinya. Sebagian dari mereka menggunakan caping dan juga mengenakan baju Jawa mirip seperti petani.

 

TARGET  SUMBANGAN PAD  BAPAS TERUS MENINGKAT

 

Bank Bapas 69 pada 2017 ditarget dapat menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sebesar Rp12,6 miliar.Target tersebut meningkat dari setoran PAD tahun 2016 sebesar Rp10,2 miliar.demikian di katakan Direktur Utama Bank Bapas 69 Fran Suharmaji pada ramah tamah dengan pers dalam rangka tasyakuran HUT ke-48 Bank Bapas 69 di Magelang. jumlah setoran PAD tersebut dalam beberapa tahun terakhir merupakan yang paling besar dibandingkan dengan BPR milik pemerintah daerah yang lain di seluruh Indonesia. tantangan untuk mewujudkan Bank Bapas 69 sebagai sebuah perusahaan yang tangguh sesuai visi yang telah ditetapkan dalam menghadapi persaingan dunia perbankan yang semakin kompleks saat ini membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas dari jajaran manajemen dan karyawan.

 

PERINGATI HARI PELANGGAN NASIONAL DI MAGELANG

 

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Magelang, Jawa Tengah, memiliki cara yang unik dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional 2017.Berdasarkan pantauan, Rabu, seluruh karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Magelang berkostum tema pantai, bahkan pada saat kantor dibuka peserta atau pengunjung disambut meriah dengan tarian baby shark yang sedang viral saat ini.
Di hari pelanggan yang berlangsung pada 4-6 September 2017 itu beberapa layanan spesial yang diberikan, antara lain cuci sepeda motor gratis, es kelapa muda gratis, foto booth gratis, dan makan bakso gratis.Pada jam pelayanan peserta juga disuguhi dengan pertanyaan-pertanyaan dari karyawan BPJS Ketenagakerjaan dan yang bisa menjawab mendapatkan hadiah souvenir.

 CURANMOR MARAK DI MAGELANG 

 

Sepeda motor nomor polisi H 6936 VE milik Deni Eko Hariyadi (20) warga Desa Ngestiboga, Kecamatan Jayaloka, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan raib digasak oleh dua orang pencuri.Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 02.00 dinihari. Sepeda motor Vixion berwarna putih tersebut diparkir di depan kos yang berada di Desa Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara dalam keadaan terkunci stang.Namun nasib malang menimpanya. Pada saat ia tertidur pulas tiba-tiba tetangganya membangunkannya. Dan saat Deni bangun sepeda motornya sudah tidak berada di tempatnya.Mengetahui sepeda motornya dicuri, Deni pun segera melaporkan kejadian tersebut ke kantor polisi.

 

 TIM MAGELANG MAJU WAKILI JAWA TENGAH

 

Setelah melewati babak penyisihan sejak hari Rabu (6/9) lalu, tim sepakbola tuan rumah U12 Kabupaten Magelang mewakili Jawa Tengah akhirnya lolos hingga ke babak final yang dilaksanakan pada Sabtu (9/9/2017) pagi.Pertandingan final Piala Menpora tahun 2017 kali ini dilangsungkan di Stadion Gemilang mempertemukan tim tuan rumah Jawa Tengah melawan tim dari Jawa Timur, dengan hasil akhir 2 - 1 untuk tim tuan rumah Jawa Tengah.Pelatih sepakbola U12 Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Anom Putrantoro mengungkapkan bahwa dirinya sangat bangga dengan hasil kerja keras tim sepak bola hasil besutannya itu.Saat pertandingan berlangsung, tim tuan rumah memimpin terlebih dulu dengan skor 2 - 0 pada babak pertama. Gol pertama dicetak oleh Dony Tri Pamungkas, sedangkan gol kedua dicetak oleh Fransiskus.Kendati demikian, Anom juga mengakui bahwa tim Jawa Timur merupakan musuh yang paling berat selama kompetisi berlangsung.

 

Sekilas Merapi 09 SEPTEMBER 2017

 POLISI RAZIA KENDARAAN

 

Puluhan polisi dari polres magelang jawa tengah  pada hari  jumat 8 september 2017   melakukan pemeriksaan kendaraan di  salam  magelang.   sweeping kendaraan  di utamakan roda empat   hal ini terkait dengan aksi  doa bersama  damai yang di lakukan  oleh  masa  di  sawitan kota mungkid    . kendaraan roda empat  yang melaju dari arah Jogjakarta ke magelang di  berhentikan  dan di periksa  . bahkan banyak juga  masa yang  terjaring  dalam pemeriksaan  ini langsung di turunkan dari mobil tersebut.  Sementara itu , beberapa ruas jalan   juga di tutup   dan mendapat penjagaan  polisi antara lain di  perempatan palbapang dan blondo   .arus kendaraan di  arahkan  ke magelang  dari Jogjakarta sedangkan   yang  dari    magelang ke Jogjakarta juga sebaliknya.  Aksi demo rohingya ini  berjalan lancar   dengan mendapatkan pengamanan ketat dari polisi.

 

BAPAS RAIH PRESTASI GEMILANG

 

 Dalam merayakan ulang tahunnya yang ke  48 pd bpr bapas 69  kembali menorehkan  prestasi  terbaik pada  ajang anugerah  bpr  Indonesia 2017 yang di gelar institute perbanas  bersama majalah economi c reviw. Pada perhelatan tersebut bupati magelang zaenal arifin   dan dirut  bank bapas  69  frans suharmaji  menerima penghargaan masing maisng  sebagai salah satu ceo bpr  dan Pembina  bpr terbaik tingkat nasional. Selain itu pabas 69 juga  mendapatkan   anugerah  sebagai  salah satu  the best bpr 2017. Demikian di katakana  dirut bank bapas 69 frans suharmaji pada  hari jumat 8 september  2017 di magelang.  frans  suharmaji juga menjelaskan , penganugerahnya sendiri telah di laksanakan  di kantor kedubes  Indonesia  untuk singapura  pada tanggal  23  agustsu 2017 lalu bersamaan dengan peringatah  50 tahun   kerjasama ekonomi  Indonesia dan singapura .

 

POLISI SWEPING KENDARAAN DI  KOTA MAGELANG

 

Guna mengantisipasi  di adakannya  untuk rasa  di sekitaran candi Borobudur  sejumlah petugas  gabungan  memeriksa kendaran yang melintas  di jalna raya   jumat 8 september 2017 .Selain melakukan  pemeriksaan   kelengkapan   pada kendaraan roda empat  anggota  kepolisian resot  magelang  kota di bantu  brimob  polda jawa tnegah   beserta tni juga melakukan  pengecekan   berbagai  barang bawaan .  kapolres magelang   kota akbp hari purnomo  mengatakan operasi yang   di lakukan di jalan mayjen bambang soegeng mertoyudan  bertujuan  untuk melakukan   pemeriksaan  rutin . petugas  mengecek  kelengkapan  kendaraan  barang bawaan  serta mengantisipasi gangguan kamtibmas . operasi kali ini juga di lakukan   serentak di  beberapa  titik arus  masuk menuju  kabupaten magelang    baik di mertoyudan , salam  secang  dan sleman .

 

AKSI DEMO   DAPAT PENJAGAAN KETAT POLISI

 

Aksi doa bersama  di masjid  agung annur sawitan kota mungkid  pada hari jumat  8 september 2017    mendapat penjagaan  polisi. Bahkan petugas menutup  beberapa titik  vital  jalan yang  ada di kabupaten magelang   .  ketua aksi doa bersama anang  imanudin  mengatakan,  sebetulnya tidak ada  yang perlu  di khawatirkan  dalam aksi doa bersama  tersebut.  Pihaknya juga  telah mengintruksikan  kepada seluruh  peserta untuk  tetap  menjaga   ketertiban  dan tidak    membawa  atribut  apapun  yang  mengacu pada kegiatan unjuk rasa. Anang juga menilai   dari segi  pengamanan  yang di lakukan  oleh pihak  kepolisian  cukup berlebihan .pasalnya  ada ribuan  personil di kerahkan  untuk menjaga  jalannya kegiatan  doa bersama tersebut.sedangkan  rangkaian acara  yang  di laksanakan   di masjid agung  annur sawitan kota mungkid  antara lain sholat jumat  berjamaah  di lanjutkan dengan   menyanyikan lagu  Indonesia raya   , doa bersama , dan di lakukan   penggalangan  dana  bagi saudara   muslim yang  berada di  rohingya .

 

SENAM MASAL LANSIA DI KOTA MAGELANG

 

Ribuan lansia  mengikuti  senam  bersama   di alun alun  kota magelang jumat 8 september 2017 .senam  bersama  bertitel  festival  ramah  lansia   ini  dalam  rangkaian peringatan hari  olahraga nasional   tingkat nasional  di kota magelang . asisten deputi   pengembangan  olahgara  tradisional  dan layanan  kusus  kemenpora bayu rahadian mengatakan , festival  ramah lansia  yang di laksanakan  merupakan  programnya . dalam senam  bersama ini juga  di ikuti  walikota magelang     , kejari , serta pejabat forkompinda lainnya .  menurut bayu olahraga  bagi lansia  selain dapat  meningkatkan  kebugaran    dan kegembiraan juga  memperlambat  proses penuaan  dan osteoporosis  .selain itu  bisa mencegah  timbulnya   berbagai rasa  malas.

 

Sekilas Merapi 08 SEPTEMBER 2017

PRESTASI MAGELANG KOTA  MELEJIT

 

Lagi-lagi Kota Magelang kembali meraih penghargaan. Kali ini penghargaan diterima Walikota Magelang, Sigit Widyonindito dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis (7/9/2017).Penghargaan yang diterima yakni Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Terbaik Regional Jawa dan Kondisi Keuangan Daerah Terbaik Regional Jawa. Untuk di Jawa Tengah, Kota Magelang menjadi satu-satu daerah yang menerima penghargaan itu. Penghargaan tersebut diserahkan Dekan FEB UGM, Dr. Eko Suwardi, M.Sc di sela-sela Seminar Nasional dan Peluncuran Indeks Keuangan Daerah di Graha Sabha Pramana UGM.Sigit Widyonindito mengaku bangga dengan diraihnya prestasi ini. Menurutnya, penghargaan yang diterima dinilai luar biasa karena mendapat dua kategori sekaligus dan hanya Kota Magelang yang mendapat penghargaan ganda.Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Magelang, Larsita menambahkan, penelitian yang dilakukan Magister Akuntansi FEB UGM ini dinilai obyektif dan independen.

 

HORNAS DI KOTA MAGELANG

 

Pameran Gebyar Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXIV dilangsungkan di Alun-alun Kota Magelang, 7 - 9 September 2017. Dalam pameran yang diikuti 40 stand itu terjauh berasal dari Singkawang, Kalimantan.Adapun 40 peserta pameran Gebyar Haornas 2017 tersebut antara lain diikuti instansi pemerintah dan swasta. Untuk peserta pameran antara lain dari Gelora Bung Karno (GBK), museum olahraga maupun lainnya. Selain itu, dalam rangkaian Haornas tersebut akan dilangsungkan Gowes Pesona Nusantara.Asisten Deputi Sentra Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemepora) RI, Teguh Raharjo mengatakan, pameran yang dilangsungkan untuk memfasilitasi karena Kota Magelang menjadi tuan rumah puncak acara Haornas XXXIV.Dalam kesempatan tersebut hadir pula antara lain Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, Ketua Dekranasda Kota Magelang, Yetti Biakti Sigit Widyonindito, Forkompimda Kota Magelang serta sejumlah perwakilan dari Kemenpora.Sementara itu Windarti Agustina menambahkan, rasa bangganya atas dipercayanya menjadi tuan rumah Haornas. Pihaknya yakin melalui kegiatan ini akan memberi dampak positif di semua sektor.

 

LAKALANTAS  DI MAGELANG

 

Pengendara sepeda motor   AB 2172 VQ yang berboncengan mengalami kecelakaan tunggal di dekat Pasar Babrik, Tempuran, Kabupaten Magelang, Kamis (7/9/2017) dini hari.Diduga kecelakaan tunggal tersebut terjadi karena pengendara diduga dalam kondisi mabuk. Kini kejadian kecelakaan tersebut masih dalam pengusutan petugas.Informasi diperoleh menyebutkan, kecelakaan yang terjadi pada Rabu (7/9/2017) sekitar pukul 01.00 WIB. Awalnya pengendara sepeda motor   AB 2172 VQ berjalan dari arah Purworejo menuju Magelang. Kemudian tiba-tiba sesampainya di lokasi kejadian, sepeda motor oleng ke kiri terus menabrak jembatan.Kasat Lantas Polres Magelang, AKP Didi Dewantoro melalui Kanit Laka, Ipda Abdillah membenarkan adanya kejadian tersebut. Dikatakan, pengendara sepeda motor yang terluka dirawat di RSUD Tidar Kota Magelang.Untuk identitas , pengendara sepeda motor yakni Gangsar (25), warga Dukun, sedangkan pemboncengnya, Sudarlan (34), warga Dukun, Kabupaten Magelang.

 

PENGGALANGAN DANA KEMNASIAN  DI MAGELANG

 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Magelang, menghimbau kepada umat Islam jika mengadakan penggalangan dana jangan dilakukan di pinggir jalan maupun jalanan. Baik itu penggalangan dana untuk pembangunan masjid maupun bantuan kemanusiaan seperti yang dikirim menuju Rohingya, Myanmar.Ketua MUI Kota Magelang, Ismudiyono mengatakan, penggalangan dana di Kota Magelang, sudah dilakukan oleh masing-masing Ormas dari NU, Muhammadiyah dan sebagainya.Dalam penggalangan dana, lanjut dia, MUI menganjurkan penggalangan dana lebih baik sesama muslim, kembali kepada umat Islam. Sekalipun untuk bantuan kemanusiaan, bantuan yang akan disalurkan pun harus jelas pula asal-usulnya.

 

AKSI DEMO ROHING DI CANDI BOROBUDUR

 

Taman Wisata Candi Borobudur tetap akan buka bagi para wisatawan yang ingin berkunjung pada hari Jumat (8/9) besok. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT. TWCB PRB, Ricky SP Siahaan didampingi oleh Direktur Teknik dan Infrastruktur PT. TWCB PRB, Retno Hardiasiwi, Kamis (07/09/2017).Terkait kabar akan dilakukannya aksi unjuk rasa di area Taman Wisata Candi Borobudur, Retno Hardiasiwi mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan baik dari kepolisian maupun TNI.Dari data terakhir, jumlah pengunjung di Taman Wisata Candi Borobudur masih tetap stabil. Bahkan hingga kini juga tidak ada pembatalan bagi para agen travel yang hendak mengantarkan wisatawan  .

Sekilas Merapi 07 SEPTEMBER 2017

RAWAN KEKERINGAN

 

Sedikitnya 16  daerah di jawa tengah  mulai kekurangan air bersih .bahkan sejauh  ini droping  air bersih telah  di lakukan  di 16 daerah  yang tersebar di   68  kecamatan  dan 123  desa .berdasarkan data dari badan  penanggulangan bencana  daerah  jawa tengah dari 35 kabupaten  atau kota yang ada  terdapat 16  kabupaten yang   rawan terhadap kekeringan. Adapun  kabupaten tersbut antara lain , jepara banjarnegara , klaten boyolali , Kendal , demak  pemalang, maegelang. Daerah rawan  kekeringan di  16  kabupaten tersebut tersebar  di 68  kecamatna dan  123  desa .sejauh ini upaya  yang  di lakukan   pemerintah  daerah dengan melakukan  droping  air bersih

 

PERINGATAN HAORNAS DI MAGELANG

 

Rangkain puncak peringatan hari olahraga nasional  tahun  2017  tingkat nasional   dikota magelang di mulai  rabu  6 september 2017 .kegiatan  di awali dengan  prosesi pengambilan  air dari tuk drajad dan tanah  dari gunung tidar untuk bahan  pembangunan  monument tanah  air persatuan.pengambilan  air tuk drajad  kampung tulung  keluarahan magelang  tnegah ini,  sedangkan  tanah di ambil dari  kawasan gunung  tidar  magelang selatan. Air dan tanah  nantinya akan  di campur  seabgai bahan  pembangunan  monument tanah  air persatuan  .dalam prosesi ini  sejumlah  elemen masarakat  yang terlibat  maupun forum   memakai pakaian adat  jawa termasuk  pula walikota magelang   sigit widyo nindito dan wakilnya .

 

PENGGANTIAN NAMA USULAN   YUDUSIAL

 

Komisi yudisial  mengusulkan  nama penggganti  lembaganya menjadi dewan yudusial .hal ini di sesuaikan  dengan  system hakim  di indoensia lebih  mendekati  system  hakim  di eropa yang  berbasih karier.adapun yang  di gunakan di ky sekarang   lebih mendekati  system  di amerika  .untuk system di amerika hakim  tidak karier tapi professional  yang di rekrut dari lawyer  atau praktisi yang sudah jadi .untuk itu karier tidak jadi  pemilihan  langsung seperti  pilkada.usulan  yang I di sampaikan tersebut   selain untuk membedakan  dengan  system negara  lain karena   ini bukan komisi.dalam kesemaptan tersbut adul juga mengatakan  dalam semeseter 1 telah  menerima 33 laporan  terkait dugaan  pelanggaran kode etik  hakim .

 

GUBERNUR KUNJUNGI MAGELANG

 

Dalam kunjungan nya di kabupaten magelang   gubernur jawa tengah ganjar pranowo  di

damping bupati zainal arifin  beserta jajarannya  berkunjung  ke sma n 1  kota mungkid rabu  6 septmmber 2017 .kedatangan  gubernur tersebut  untuk memberikan   pengarahan  bertajuk  gubernur mengajar  di hadapan ribuan siswa  .sebelum  memulai  pengarahannya   gubernur  memanggil dua siswa  berprestasi  untuk maju ke depan  dan memberikan nya hadiah  berupa tabungan sejumlah  500 ribu rupiah .mereka  adalah Muhammad ridho zulkarnain  juara dua  wuzu  tingkat nasional   dan rizki  cahyo  raharjo  juara 1 renang  tingkat  nasional . dengan penuh semangat  ridho pun memperagakan  berbagai  gerakan wushu  yang di saksikan  gubernur jawa  tengah   ,seluruh murid dan  bupati magelang .

Sekilas Merapi 06 SEPTEMBER 2017

TES PEMANDUAN  PELAJAR DI MAGELANG

 

Sebanyak 400 pelajar SMP/MTs se-Kota Magelang mengikuti tes pemanduan bakat olahraga yang diadakan Kemenpora RI di SMKN 1 Magelang, Selasa (5/9/2017).Tes kemampuan bakat olahraga tersebut dilangsungkan bertepatan dengan momentum puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXIV tahun 2017 di Kota Magelang.Kepala Bidang Pengembangan dan Pemanduan Bakat Olahraga Kemenpora, Muh. Azis Ariyanto mengatakan, tes pemanduan bakat olahraga meliputi 10 item meliputi pengukuran tinggi badan, rentang tangan, loncat, lempar bola basket, lempar bola tenis dengan sasaran dan tes kecepatan lari.Untuk tes sendiri berlangsung selama dua hari hingga Rabu (6/9/2017). Adapun peserta 400 pelajar terdiri dua gelombang untuk putra dan putri.Tes pemanduan bakat baru pertama kali diadakan di Kota Magelang. Sedangkan pada tahun ini dilangsungkan di delapan kota/kabupaten dengan waktu yang berbeda. Pihaknya, melangsungkan tes karena butuh data calon-calon atlet potensial dari daerah.

 

KEKERASAN PELAJAR DI SMA TN