Radio Merapi Indah Magelang

SEKILAS MERAPI EPISOD  25 FEB 2020.

BERPROSES SELAMA 2 TAHUN, BANK SAMPAH MAKMUR JAYA SEMAKIN MEMPESONA

SALAM – Mitra merapi, kunjungan studi banding tentang bank sampah yang dilakukan oleh lembaga2 desa di Kecamatan Salam bersama Dinas Lingkungan Hidup pada tahun 2018 lalu di Kaliurang ternyata sekarang ini sudah membuahkan hasil. Salah satunya adalah keberhasilan Dusun Jumoyo Kidul yang sangat bersemangat dalam pengelolaan Bank Sampah Makmur Jaya. Itu yang disampaikan oleh Camat Salam Indriyanto, di sela sela sambutanya dalam acara Penilaian Lomba Bank Sampah tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2020 di Dusun Jumoyo Kidul Desa jumoyo Kecamatan Salam pada hari Senin 24/02/2020. Proses yang sudah dijalani oleh warga masyarakat Kecamatan salam Khususnya Warga Jumoyo kidul selama kurang lebih 2 tahun ini membuahkan hasil yang sangat menggembirakan. (insert)

Indriyanto juga menbahkan, jangan segan untuk melakukan hal hal yang kecil, karena dengan hal hal yang kecil tersebut kelak melalui sebuah proses akan menjadi sesuatu yang besar dan bermanfaat. Sebagai contoh bank Sampah Makmur Jaya, dimana disini sangat diperlukan sinergi dan kerja keras dari semua pihak dari hal hal yang terkecil sekalipun. Menurutnya setelah dinilai atas kelayakan Bank Sampah di dusun Jumoyo Kidul, ada baiknya sebelum penentuan juara dilakukan peninjauan kembali. Ketika setelah penilaian itu ada perubahan positif berarti layak untuk jadi juara. Namun sebaliknya jika tidak terdapat perubahan, bajkan cenderung menurun aktifitas bank sampah, maka bisa digugurkan. Namun dia meyakini bahwa di Masyarakat Jumoyo Kidulmemang sudah sadar akan pola hidup sehat. Dan harapannya hal ini akan menular kepada anak cucu di kemudian hari.

Pada kesempatan yang sama, salah satu Juri Penilaian Bank Sampah tingkat Kabupaten tahun 2020, Lono Hartanto dari Dinas Lingkungan Hidup mengatakan bahwa sesuai dengan Intruksi Bupati Magelang dimana harus ada sinkronisasi APBDES untuk pengelolaan sampah. Dia juga berharap untuk Pemerintah desa yang belum mengalokasikan APBDES untuk pengelolaan sampah, segera untuk di alokasikan. Bank Sampah Makmur Jaya adalah contoh yang sangat konkrit dan bagus dalam pengalokasian dana ABPDES unutk pengelolaan sampah. Sudah terjadi system yang sangat rapi dalam mengolah sampah Organik dan Unorganik. Lono juga berharap, proses seperti ini tidak hanya berhenti sampai pada penilaian Bank Sampah berakhir, namun ada kesinambungan karena sampah yang dihasilkan akan secara terus menerus ada, dan itu butuh pengolahan yang kontinu. Desa yang lain dapat mereplikasi Bank Sampah Makmur Jaya dusun jumoyo 2 menjadi embrio dalam pengembangan pengelolaan sampah di kecamatan Salam. Dirinya berharap masalah sampai bisa selesai di tingkat Desa, tidak harus sampai di tingkat Kecamatan, apalagi Kabupaten karena Kondisi TPA yang dimiliki saat ini sudah over load. ( Insert )

Dalam acara Penilaian Bank Sampah tersebut selain Camat Salam dan Dinas lingkungan Hidup, juga dihadiri oleh Forkompimcam Kec. Salam, Kepala desa Jumoyo, dan Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Salam

Salah satu Juri Penilaian Bank sampah perwakilan dari Persatuan Wartawan Indonesia Kab Magelang  Ali Subchi mengatakan penilaian kali ini akan diambil 10 terbaik. Dan Penilaian Bank Sampah tahun ini diikuti oleh sebanyak 21 Kecamatan di Kabupaten Magelang.

ALAM DAN BUDAYA BOROBUDUR YANG LAYAK DIJUAL, TETEN INGIN KUALITAS KOPERASI YANG BERGERAK DI BIDANG PARIWISATA DITINGKATKAN

BOROBUDUR – Mitra Merapi, Kunjungan Kerja Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki, dilaksanakan di Borobudur Magelang sebagai Destinasi Super Prioritas dari program Presiden Jokowidodo, Senin 24/02/2020. Bertempat di Pendopo Omah Biyung Desa Wisata Candirejo, Teten Masduki yang didampingi oleh Staf Khusus Presiden Putri Tanjung  melakukan beberapa kegiatan.Sesuai dengan bidangnya yaitu Koperasi dan UMKM, acara hari itu juga melibatkan pengurus koperasi yang bergerak di bidang pariwisata. Selain Menteri Koperasi dan UKM, turut hadir dalam kesempatan itu adalah Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Tengah dan Kab Magelang .

Pada pukul 16.30 Menteri Teten Masduki dan Putri Tanjung tiba di Desa Wisata Candirejo disambut oleh Kesenian Topeng Ireng dari Borobudur. Pengelola Desa Wisata Candirejo juga sudah mempersiapkan Tour menggunakan sepeda, namun karena keadaan cuaca yang kurang memungkinkan kegiatan Tour Sepeda dialihkan dengan  dengan melihat video sekilas tentang Tour Sepeda yang ada di Desa Wisata Candirejo. Itu yang dikatakan Tatak selaku pengelola. ( Insert)

Tatak juga berharap, dengan hadirnya Menteri Koperasi dan UKM di Candirejo, mudah2an Desa Wisata Candirejo dapat lebih dikenal lagi dan pemerintah nantinya dapat memberikan fasilitas  untuk promosi Desa Wisata. ( Insert )

Dalam kesempatan itu juga dilakukan diskusi dan dialog antara pengurus Koperasi dengan Menteri Teten Masduki. Ada beberapa point penting yang dicapai diantaranya yaitu, Tentang Pengembangan Homestay dari segi peningkatan kapasitas SDM, Tentang UKM dalam hal pengolahan bahan baku local yang berhubungan dengan kuliner, Pengemasan Produk Kuliner dan cara berpromosi melalui digital marketing.

Teten mengatakan bahwa Alam dan seni budaya di kawasan Borobudur sangat layak untuk dijual, terutama segi Seni Budaya dan Kearifan Lokalnya. Sementara Staf Kusus Presiden Putri Tanjung mengatakan, akan sangat rindu dengan Borobudur dan  suatu saat pasti akan kembali lagi ke Wilayah Borobudur, khususnya di Pendopo omah Biyung desa Wisata Candirejo. Agenda acara Kunjungan kerja waktu itu berakhir pada pukul 18.00 wib. (Dw)

FORUM KELEMBAGAAN DIBENTUK, MATERI DIGITAL MARKETING DIBERIKAN.

BOROBUDUR – Mitra merapi, Kabupaten magelang memiliki banyak sekali Daya Tarik wisata ( DTW ) yang berkelas dan bisa dibanggakan. Untuk itu perlu adanya pembentukan Forum Kelembagaan DTW tersebut supaya nantinya ada kekuatan kelembagaan. Harapanya sesame DTW itu nantinya akan saling menyatu, bersinergi, berkolaborasi dan saling menguatkan sehingga DTW di Kab Magelang semuanya akan menjadi lebih baik dan ada peningkatan. Tujuannya adalah agar Para Wisatawan baik Lokal Maupun Mancanegara nantinya akan menyebar, tidak hanya terfokus pada satu titik yaitu di Candi Borobudur saja namun merata di wilayah Kab Magelang. Itu yang dikatakan Kabid Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata Gunawan Andi Prihananto dalam  acara Pembentukan Forum Kelembagaan dan pelatihan E-Marketing Daya Tarik Wisata Kab Magelang di Pendopo TIC Brojonalan Borobudur, Selasa 25/02/2020 ( Insert )

Kegiatan itu diikuti oleh 50 Daya Tarik Wisata. Acara yang dimulai pada pukul 10.00 itu diawali dengan Sambutan dari Kabid Kabid Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata Gunawan Andi Prihananto, dilanjutkan dengan pemaparan tentang Pembentukan Forum Kelembagaan DTW se Kabupaten Magelang oleh Ketua Pesona Magelang Syahrodin, Materi tentang strategi pemasaran online oleh Genpi Magelang. Acara Pembentukan Forum Kelembagaan dan pelatihan E-Marketing Daya Tarik Wisata Kab Magelang tersebut direncanakan akan berlangsung selama 2 hari.

Apih Supriyono selaku pemateri dari Genpi Magelang mengatakandirinya akan memberikan materi tentang digital marketing secara global, mulai dari internetnya sampai ke media socialkhususnya yang menggunakan perangkat handphone. Bagaimana cara membuat materi yang menarik juga akan diberikan materinya pada kesempatan itu. Harapanya wisata di magelang nantinya bisa lebih terkenal  dan banyak peminat untuk datang ke Magelang. ( insert )

Sementara materi tentang  teknik teknik  terkait digital marketing, dan cara menshare atau buzzer dengan dilandasi pengetahuan yang cukup tentang digital marketing akan disampaikan oleh Bayu sapta Nugraha dari Genpi jawa Tengah. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita menjual Tempat wisata kita di Dunia digital. ( insert )

Gito salah satu peserta dari Taman Naura mengatakan sangat tertarik denganpelatihan digital marketing seperti ini, karena sangat penting untuk kebutuhan pengembangan dan promosi tempat wisata yang dimilikinya. Dirinya juga mengucapkan termikasaih kepada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga yang sudah mengadakan acara ini dan mengundang Taman Naura untuk bisa belajar bersama – sama. (Dw)

 

7 ALASAN MENGAPA ANDA HARUS SUKSES :

  1. Keajaiban terus terjadi

Pernahkah Anda melihat rekor dunia? Mengapa itu bisa terjadi? Tidak lain adalah karena peristiwa tersebut sangat fantastis dan bisa dibilang sangat tidak masuk akal. Tapi kenyataannya itu benar-benar terjadi di dunia ini. Dan hebatnya rekor-rekor lama terus bertumbangan oleh rekor-rekor baru. Hal ini membuktikan betapa dahsyatnya potensi manusia dalam menciptakan keajaiban. Kita sendiri tidak tahu sampai mana batas kemampuan diri kita yang sebenarnya karena keajaiban terus saja terjadi.

  1. Sukses bukan barang mewah

Apakah sukses hanya akan menjadi milik orang kaya, yang punya segunung uang, yang punya modal besar dan harta melimpah? Pikirkan sekali lagi. Sudah banyak contoh dan bukti di mana orang-orang yang dulunya biasa-biasa, bahkan hidup susah tapi akhirnya bisa menjadi sukses. Di Amerika sendiri, survei menunjukkan lebih dari 80% orang-orang kaya adalah self-made millionaire alias kaya dari nol atau usaha sendiri, bukan dari warisan orang tua.

  1. Tuhan tidak pernah menstempel Anda sukses atau gagal

Begitu kita dilahirkan, Tuhan tidak pernah memberi stempel di kepala Anda apakah Anda akan menjadi orang sukses atau pecundang. Tapi kita diberi kemampuan untuk memilih. Dan pilihan yang kita ambil itulah yang akan menentukan siapa diri kita di masa mendatang. Sukses atau gagal bukan ditentukan orang lain atau apa pun, melainkan diri Anda sendiri. Anda sukses karena itu pilihan Anda. Anda gagal juga karena pilihan yang Anda ambil. Jadi, apa pilihan Anda?

  1. Sudah banyak yang membuktikannya

Siapa pun berhak untuk hidup sukses. Hal ini sudah dibuktikan semua orang dari berbagai kalangan, profesi dan latar belakang, miskin kaya, tua muda, wanita pria dan semua orang lainnya sudah pernah meraih sukses. Baca saja kisah orang-orang yang telah sukses. Anda akan tahu bahwa mereka datang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Jadi, bisa dikatakan bahwa sukses bukanlah untuk orang-orang tertentu saja. Semua orang diberi kesempatan yang sama untuk sukses.

  1. Manusia diberi potensi yang tak terbatas

Pada zaman dulu, hidup manusia serba terbatas. Tapi, perlahan hidup manusia mengalami kemajuan. Bahkan dulunya kita tak pernah menyangka kita bisa hidup di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Mengapa bisa begitu? Tidak lain adalah karena hasil pikiran manusia. Potensi manusia sangatlah besar hampir tak terbatas sehingga manusia bisa menciptakan perubahan yang jauh lebih baik dari waktu ke waktu. Siapa yang dulu pernah menyangka ada benda yang bisa terbang? Siapa yang pernah menyangka pergi ke luar angkasa itu mungkin? Siapa yang pernah menyangka berbicara dengan orang lain dari jarak yang cukup jauh adalah mungkin? Dulunya tidak mungkin. Tapi sekarang, itu semua sudah biasa. Dengan potensi manusia yang tak terbatas, kita tak tahu apa lagi yang akan terjadi di masa mendatang.

  1. Banyak pembelajaran

Di zaman dulu, kalau ingin sukses, kita harus mencoba sendiri melalui proses trial dan error. Dulu, tidak ada seminar dan pelatihan motivasi, buku-buku pengembangan diri, audio motivasi, mentoring dan – lainnya. Dulu, itu semua susah didapat. Tapi sekarang kita bisa mendapatkan dan mengaksesnya semudah makan dan minum. Seminar, pelatihan, buku dan alat pengembangan diri lainnya bisa mempercepat kesuksesan kita karena hasil pengalaman mereka semuanya selama bertahun-tahun dituangkan dalam bentuk buku, seminar dan pelatihan. Jadi, kita tidak perlu meraba-raba dan terperangkap proses yang memakan waktu. Semua ilmu mereka bisa kita serap dan lahap, dan bisa kita manfaatkan untuk meraih kesuksesan kita. Luar biasa, kan?

  1. Anda sangat berharga

Diri kita sungguh berharga. Sudah selayaknya Anda meraih sesuatu yang berharga dalam hidup ini. Sudah sepantasnya Anda meraih apa yang pantas Anda dapatkan. Anda adalah unik, tidak ada orang yang sama persis seperti Anda di masa lalu dan tidak akan ada orang yang sama persis seperti Anda di masa depan. Itu sudah pasti. Tahukah Anda mengapa barang antik dan limited edition itu sangat mahal? Karena jumlahnya terbatas. Anda malah paling berharga karena Anda hanya satu-satunya di dunia ini. jadi, jangan merendahkan diri dan jangan buat diri Anda minder. Anda layak sukses. Jangan katakan Anda tidak layak. Karena kita diciptakan sama. Anda sendirilah yang selalu menilai apa yang pantas dan tidak pantas Anda dapatkan. Dengan adanya 7 alasan di atas, alasan apalagi yang akan menghalangi Anda meraih sukses? Seharusnya tidak ada! Mari perjuangkan mimpi Anda dan terbanglah setinggi angkasa dan selamlah sedalam samudera untuk meraih apa pun yang selama ini tidak berani Anda impikan.

RSS services can be accessed

#  Events program

#  Marketing

#  Profile

#  Streaming

#  Home

#  Youtube

#    Off Air

#   Social Media Groups

 

1 tanggapan pada “Radio Merapi Indah Magelang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »