Pengurus PDI Perjuangan Kabupaten Magelang Nyatakan Sikap Terkait Pembakaran Bendera

MAGELANG – Jumat, 26/06 jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang, mendatangi Mapolres Magelang untuk berkoordinasi dan menyampaikan sikap atas peristiwa pembakaran bendera PDI Perjuangan ketika aksi demo menolak RUU HIP yang berlangsung di depan Gedung MPR/DPR RI Rabu (24/6/2020) kemarin.

Grengseng Pamuji selaku sekretaris DPC PDI Perjuangan mengatakan jika pihaknya akan selalu tunduk pada perintah dari atas dalam hal ini adalah Ketua Umum Partai Berlambang Banteng tersebut.

” Sejauh ini kami menghormati hukum yang berlaku dinegara kita. Kami tegaskan jika kami solid dan siap menerima perintah apa pun dari pusat. Kedatangan kami kesini adalah untuk bersilaturahmi dan berkoordinasi saja,” kata Grengseng

Menurutnya, dengan alasan apapun aksi pembakaran bendera PDI Perjuangan tersebut tidak bisa dibenarkan. Bendera partai adalah salah satu panji kebesaran partai yang dijunjung tinggi karena merupakan harga diri sebuah partai.

“Oleh karena itu, kami keluarga besar PDI Perjuangan Kabupaten Magelang menyatakan sikap menuntut tegas berdasar ketentuan hukum yang berlaku bagi pihak-pihak yang telah dengan sengaja melakukan pembakaran bendera tersebut. Memberikan dukungan moril secara penuh kepada Kepolisian Republik Indonesia untuk mengusut tuntas dan menindak tegas sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku terhadap pihak pelaku maupun pihak yang terkait pada peristiwa pembakaran tersebut. Kami siap mengawal dan memantau proses hukum tersebut mulai dari proses penyelidikan, penyidikan, sampai dengan tahap vonis pidana terhadap pelaku pembakaran bendera tersebut. ” Tambahnya.

Disaat yang sama, dirinya juga mengatakan jika siap menjaga iklim dan suasana politik yang kondusif di Kabupaten Magelang.

Dalam audensi yang dilakukan di Mapolres Magelang dihadiri oleh seluruh pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang. Diantaranya, Saryan Adiyanto SE sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan yang juga Ketua DPRD Kabupaten Magelang. Kemudian jajaran wakil ketua, sekretaris, bendahara dan sayap partai serta anggota DPRD Kabupaten Magelang dari Fraksi PDI Perjuangan.

Untuk surat pernyataan sikap dibacakan dan diserahkan kepada Kapolres Magelang oleh Gunawan selaku Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Hukum PDI Perjuangan Kabupaten Magelang.

” Kami mendorong pihak berwajib Kepolisian Republik Indonesia untuk segra mengusut dan menangkap pelakunya sehingga tidak menjadi polemik sekaligus di manfaatkan untuk memprovokasi kami yg ada di daerah” kata Gunawan

Sementara Kapolres Magelang, AKBP Ronald Ardiyanto Purba dalam tanggapannya menyampaikan, jika pihaknya percaya jajaran PDI Perjuangan di Kabupaten Magelang sangat menghormati proses hukum dan dapat menjaga iklim kondusif diwilayah ini.

“Kewajiban kami adalah menerima dan melaporkan aspirasi dari kawan-kawan PDI Perjuangan. Untuk itu akan kami teruskan ke atas tentunya. Kami percaya pada teman-teman (PDI Perjuangan) disini. Kami yakin mereka dapat menjaga iklim kondusif di kabupaten magelang,” katanya.(Dw)

(Foto : Penyerahan Surat Pernyataan sikap PDI Perjuangan Kabupaten Magelang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »