Sekilas Merapi 23 Februari 2018

Kamis, 19 Oktober 2017 - 09:41:57 WIB
Diposting oleh : Merapi Indah | Kategori: Sekilas Merapi - Dibaca: 3263 kali

 

RUMAH TERJANG BANJIR

Hujan dengan intenitas lebat yang meliputi wilayah Kecamatan Secang kurang lebih pukul 21.00 WIB, Rabu (21/02/2018) malam, telah mengakibatkan banjir di sepanjang jalan raya Secang-Temanggung.Informasi yang diperoleh, hujan lebat di wilayah Secang terjadi dari sore hari hingga petang hari, yang mengakibatkan saluran air di bahu kanan dan kiri jalan raya Secang-Temanggung meluap dengan ketinggian kurang lebih 20 cm. Sedangkan luapan air mencapai 500 meterSedangkan banjir tersebut, berdampak pada delapan rumah warga setempat, diantaranya rumah Ali, toko stiker Venus, toko kayu Riko, rumah Wawan, rumah Suwarti, rumah Ponidi, rumah Budiono, dan Prasetyo.  Petugas dibantu warga setempat pun langsung melakukan Assesment oleh TRC Kecamatan Secang, dengan melakukan pengerukan saluran air menggunakan alat berat dan pemotongan pohon yang keropos akibat tergerus air.

PERINGATAN HARI IBU

Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional, Gerakan Kesejahteraan Untuk Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Magelang menggelar talk show nasional mengenai pengenalan hak dan budaya tuli atau tuna rungu di Aula Perpustakaan Daerah (Perpusda) Muntilan, Rabu (21/02/2018).Dalam acara seminar atau talk show tersebut, turut menghadirkan salah satu anak artis kawakan ibu kota, Dewi Yul, yakni, Surya Sahetapy, dan Ketua Pusat Bahasa Isyarat Indonesia, Laura Lesmana Wijaya.Dengan mengangkat tema 'Kami Tidak Bodoh, Kami Hanya Tidak Mendengar' acara tersebut dihadiri kurang lebih 200 orang pegiat tuli, serta pengurus Gerkatin se Jawa Tengah.Sedangkan Pj Bupati Magelang, yang diwakili Asisten lll Pemerintah Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana, mengatakan, tidak ada satu orang pun yang menghendaki terlahir dalam kondisi tidak sempurna.Kendati demikian, meski tidak sempurna tetap harus berayukur dan harus diterima baik oleh keluarga dan masyarakat. 

PELANTIKAN PEJABAT KOTA MAGELANG

Pelantikan 94 pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Magelang untuk penyegaran organisasi pemerintahan setelah sebelumnya dilakukan evaluasi seluruh instansi dan organisasi perangkat daerah setempat, kata Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.Selama saya menjabat, tidak ada yang kurang, saya puas. Pelantikan ini hanya sebuah penyegaran saja supaya para aparatur sipil negara (ASN) mendapatkan pengalaman-pengalaman baru.demikian di katakan di sela pelantikan pejabat tinggi pratama dan pengawas di lingkungan Pemkot Magelang di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Wali Kota Magelang di Magelang, Kamis 22 februari 2018.Setiap tahun, Pemkot Magelang melakukan evaluasi kinerja di seluruh instansi dan OPD.Ia berpesan agar para ASN yang baru dilantik melaksanakan tugas dan sumpah jabatan dengan sebaik-baiknya.

 JEMBATAN ROBOH DI TEMANGGUNG

Jembatan bersejarah yang melintas di atas Sungai Progo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (21/2) malam runtuh akibat fondasinya terkikis arus sungai yang mengalir deras belakangan ini.Seorang saksi penjual buah durian di sekitar Jembatan Progo, Darmadi (65), di Temanggung, Kamis 22 februari 2018, mengatakan jembatan runtuh sekitar pukul 22.00 WIB saat terjadi hujan deras.Sejak Rabu sore hujan mengguyur Temanggung, saat saya masih jualan tiba-tiba sekitar pukul 22.00 WIB terdengar suara gemuruh. Saya kira ada longsor di sekitar jembatan, ternyata jembatan lama yang berada di sisi selatan sudah runtuh.Menurut  nya  jembatan yang dibangun pada zaman Kolonial Belanda tersebut kondisinya memang sudah keropos dan fondasi jembatan di sisi barat sudah terkikis air.tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, karena kondisinya sepi dan jembatan tersebut memang sudah tidak difungsikan lagi untuk lalu lintas .

Sekilas Merapi 22 Februari 2018

ANAK TERLANTAR DI ASUH POLISI DI MAGELANG

Al Rayyan Diki Nugraha (10), warga Blondo, Kecamatan Mertoyudan, yang sempat viral karena harus berhenti bersekolah untuk mengasuh ibunya yang sedang sakit di rumah sakit kini mulai dapat tersenyum kembali. Rayyan kini telah diasuh oleh salah satu anggota kepolisian Polsek Mertoyudan, yakni Aipda Donny Sugiarto, yang kesehariannya bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Mertoyudan.Donny mengungkapkan, dirinya sangat tersentuh dan ingin membantu saat melihat Rayyan putus sekolah. Apalagi ketika mengetahui bocah tersebut harus menemani ibunya yang sedang sakit sendirian. Sedangkan untuk keadaan ibu Rayyan sendiri kini sudah mulai membaik. Pemerintah Kabupaten Magelang juga telah memberikan perhatian dan bantuan berupa pengobatan secara gratis.Donny mengatakan bahwa inisiatifnya untuk mengasuh Rayyan tersebut juga telah mendapat dukungan dari Kapolres Magelang.

POLISI TANGKAP PENGGUNA SABU

Seorang pemuda berinisial SE (39), warga Desa Paten, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, berhasil dibekuk petugas Satuan Narkoba Polres Magelang di rumahnya, Minggu (18/02/2018). Dia ditangkap dengan membawa barang bukti berupa narkoba jenis sabu.KBO Narkoba Polres Magelang, Aiptu Mulyanto, dalam keterangannya mengatakan, berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa lokasi tersebut sering menjadi tempat untuk pesta narkoba. Mendapati laporan tersebut, petugas langsung melakukan proses penyelidikan.Saat ditangkap, tersangka sedang duduk menikmati sabu atau ngupas sekitar pukul 19.00 WIB. Kemudian petugas langsung mengamankan tersangka dan langsung melakukan proses interogasi. Adapun barang bukti yang berhasil diamankan petugas antara lain, satu paket sabu di dalam plastik kecil seberat 0, 32 gram, satu buah bong dengan pipet masih ada sisa sabu, satu buah korek gas, dan dua buah potongan sedotan warna putih.Kini pelaku beserta seluruh barang bukti telah diamankan di Mapolres Magelang guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya pelaku akan dijerat dengan Pasal 112 ayat 1 UU RI Nomor 35 tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara paling lama 12 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 8 miliar.

MAYAT  LAKI KORBAN SUNGAI PROGO

Sosok mayat laki-laki ditemukan di tengah pusaran air Bendungan Sapon, Sidorejo, Kecamatan Lendah pada Selasa (20/02/2018) pagi. Dari informasi yang dihimpun, mayat tersebut merupakan korban laka sungai di Magelang.Identitas mayat diketahui bernama Ari Aprilianto (28) warga Pedukuhan Bawang, Ngadirejo, Salaman, Magelang, Jawa Tengah. Dia merupakan salah satu korban tenggelam ketika melakukan tubing bersama enam temannya pada Jumat (16/02) sore di tempurang Sungai Pabelan-Sungai Progo di Candirejo, Borobudur, Megelang.Abdur menyebut bahwa jam berwarna hitam yang melingkar di pergelangan tangan kanan Ari identik dengan jam tangan yang dikenakan oleh jasad tersebut. Kini jasad Ari telah dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan. Terpisah, Kapolsek Lendah, AKP Sutarno membenarkan bahwa jasad tersebut merupakan korban tenggelamSungai Progo empat hari lalu. Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis Puskesmas II Lendah dan Inafis Polres Kulon Progo, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada jasad korban.

AKSI PEDULI SAMPAH DIMAGELANG KOTA

Terkait Hari Peduli Sampah yang jatuh pada 21 Februari, Pemerintah Kota Magelang menggelar kegiatan peduli sampah bersama, Rabu (21/02/2018). Aksi peduli lingkungan yang  dilakukan di komplek Kantor Setda Kota Magelang ini diikuti ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Magelang.Windarti berharap agar masyarakat dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian pada sampah selama tiga bulan kedepan, yang dimulai dari tanggal 21 Januari hingga 21 April Mendatang.Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, Machbub Yani Arfian, mengatakan, aksi ini merupakan kegiatan nasional yang dilaksanakan tiap tahun sekali. Namun demikian, baru pertama kali dilakukan di lingkungan Pemerintah Kota Magelang.Untuk mengantisipasi hal tersebut, Machbub mengatakan, akan mengefektifkan bank sampah, menambah TPST, serta melakukan sosialisasi di tiap-tiap kelurahan yang ada di Kota Magelang.

 

 

Sekilas Merapi 21 Februari 2018

LATIHAN PERANG TARUNA  AKMIL MAGELANG

Sebanyak 251 taruna dan taruni tingkat II Akademi Militer melaksanakan Latihan Pramuka Yudha mulai 21 Februari hingga 2 Maret 2018 di sejumlah daerah di Provinsi Jawa Tengah.Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi saat upacara penerimaan laporan kesiapan latihan tersebut di Magelang, Selasa, mengatakan kegiatan itu untuk melatih taruna tingkat II (sersan taruna) Akmil dalam mengaplikasikan pengetahuan taktis (terbatas), teknik tempur, dan jasmani militer yang telah diterima dalam teori serta latihan sebelumnya di berbagai medan.Selain itu, , melatih kemampuan dan keterampilan teknis keprajuritan perorangan lanjutan sehingga dapat mengatasi dan melintasi rintangan medan, baik alam maupun buatan. Mereka yang mengikuti latihan tersebut terdiri atas 231 taruna dan 20 taruni, sedangkan lokasi latihan beberapa daerah di Jateng, yakni Kabupaten Temanggung, Semarang, Kendal, dan Batang.sasaran latihan agar mereka mampu menerapkan disiplin lapangan, naluri tempur, loyalitas, dan kerja sama dalam menghadapi dinamika persoalan di lapangan.

COKLIK  DATA PEMILIH DI MAGELANG

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mencoret 109.963 nama calon pemilih pada pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih.Temuan itu sesuai hasil coklit data pemilih hingga Minggu (18/2), mereka dinyatakan tidak memenuhi syarat dengan berbagai alasan.demikian di katakan Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin di Magelang, Selasa 20 februari 2018. mereka yang dicoret karena meninggal dunia sebanyak 39.760 orang, KTP ganda 4.430 orang, di bawah umur 403 orang, pindah domisili 39.700 orang, tidak dikenal 17.446 orang, anggota TNI 452 orang, anggota Polri 198 orang, hilang ingatan 132 orang, dan bukan penduduk setempat 7.442 orang.Selain itu, , terdapat 37.010 pemilih baru atau pemula yang masuk daftar bermasalah dan terancam tidak dapat menggunakan hak suara mereka, yakni 12.431 warga dipastikan tidak memenuhi syarat dan 24.579 lainnya belum mempunyai KTP elektronik atau surat keterangan (suket) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang.

CALON PEMILIH BERMASALAH DI MAGELANG 

terdapat 37.010 pemilih baru atau pemula yang masuk daftar bermasalah dan terancam tidak dapat menggunakan hak suara mereka, yakni 12.431 warga dipastikan tidak memenuhi syarat dan 24.579 lainnya belum mempunyai KTP elektronik atau surat keterangan (suket) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang.Komisioner KPU Kabupaten Magelang, Ismael Wardoyo berharap masalah ini menjadi perhatian para pihak terkait untuk mengatasinya agar tidak menjadi persoalan di kemudian hari. Baik Disdukcapil, tim sukses pasangan calon, dan masyarakat. proses coklit dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih. Petugas mendatangi dan mencocokkan seluruh nama anggota keluarga yang terdaftar sebagai pemilih di tempat pemungutan suara (TPS) terdekat dengan e-KTP atau kartu keluarga.Ismail menyebutkan jumlah penduduk Kabupaten Magelang yang dicoklit sebanyak 1.020.880 jiwa plus pemilih baru 60.819 jiwa yang tersebar di 372 desa/kelurahan di 21 kecamatan.coklit melibatkan 4.595 petugas, terdiri atas 2.625 PPDP, 1.860 PPS, 105 PPK dan lima anggota KPU.

ANAK SD TAWURAN DI MAGELANG 

Sekelompok  siswa Sekolah Dasar (SD) diamankan petugas kepolisian karena hendak melakukan tawuran. kejadian ini terjadi Sabtu 17 Februari 2018 pukul 13.00 WIB.Kejadian ini berlokasi di depan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Magelang arah ke SMA 5 Magelang Jawa Tengah.Para bocah-bocah SD membawa senjata tajam.Polisi mengamankan barang bukti yang mereka bawa.Yakni pukul besi, kayu, gear serta benda serupa dengan celurit.

TANAH LONGSOR DI GUNUNG ANDONG

Longsor terjadi di Gunung Andong, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (11/2/2018) pukul 09.30 WIB.Peristiwa itu terjadi di Jalur Sawit antara pos dua dan pos tiga.Longsor itu menyebabkan mata air dan jalur pendakian tertutup material tanah dan batu.Untuk sementara pendakian 'DITUTUP' sampai material longsor terkondisikan.Jalur utara (Gogik) dan jalur selatan (sawit) tutup.  Para pendaki di himbau    agar tidak mendaki.

Sekilas Merapi 20 Februari 2018

PENCARIAN ORANG HILANG DI SUNGAI PROGO

Pencarian terhadap seorang warga Magelang yang hilang setelah terlempar dari ban yang digunakan untuk tubing di Sungai Progo terus dioptimalkan. Berbagai metode pencarian dilakukan oleh tim gabungan mempercepat ditemukannya Ari Aprilianto (28), warga Dusun Bawang, Desa Ngadirejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.Ari hanyut terbawa arus Sungai Progo, Jumat (16/02/2018) petang. Dia terlempar saat ban yang digunakan terbalik ketika melewati jeram yang cukup deras. Dia pun kemudian terseret derasnya arus sungai.Proses pencarian korban pun terus dilakukan tim gabungan. Basarnas Yogyakarta turut mengirimkan tim untuk membantu proses pencarian ini. Pencarian dilakukan mulai dari Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, lokasi awal korban hanyut hingga Ancol Bligo, Kecamatan Ngluwar.

RATUSAN BALIHO SALAHI PEMASANGAN

Panitia Pengawas Kabupaten (Panwaskab) Magelang, Jawa Tengah, meminta sebanyak 210 baliho dan spanduk dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang yang menyalahi aturan segera diturunkan.Sejumlah baliho dan spanduk tersebut tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Magelang yang sudah terpasang sebelum penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati.demikian dikatkaan  Ketua Panwaskab Magelang, M. Habib Shaleh di Magelang, Senin 19 februari 2018 .Menurut dia dalam beberapa hari terakhir Panwaskab Kabupaten Magelang menerima banyak laporan dari masyarakat terkait dengan baliho tersebut.Beberapa waktu lalu pernah meny ampaikan bahwa baliho untuk alat peraga kampanye yang menyalahi aturan itu harus dilepaskan dalam tempo satu kali 24 jam. Pihaknya  mengapresiasi kedua belah pihak yang sudah melakukan pelepasan baliho, tetapi juga masih ada sejumlah baliho yang belum dilepaskan.alat peraga kampanye yang dipasang oleh tim sukses sebagian besar sudah dilepas setelah diimbau pada 12 Februari 2018.Baliho yang belum dilepas adalah yang dipasang oleh instansi pemerintah, misalnya Dinas pariwisata, Bappeda, dan sebagainya.baliho yang dipasang oleh instansi pemerintah berisi program pemerintah yang ada gambar paslon. Sesuai aturan kalau bupati atau wakil bupati sudah cuti di luar tanggungan negara maka baliho tersebut harus dilepas.Baliho boleh tidak dilepas tetapi gambar bupati atau wakil bupati yang maju sebagai paslon itu diganti oleh penjabat bupati. tidak ada batas waktu untuk melepas baliho tersebut, tetapi pihaknya sudah berkoordinasi dengan Sekda Magelang dan akan segera dilepas. 

CAMAT  BERPOLITIK DI TEGUR

Panitia Pengawas Kabupaten (Panwaskab) Magelang, Jawa Tengah, melaporkan salah seorang camat di wilayah tersebut karena terlibat dalam dukungan salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang.Ketua Panwaskab Magelang M. Habib Shaleh di Magelang, Minggu, mengatakan peringatan keras terhadap camat tersebut sudah dikirim ke Penjabat Bupati dan Sekda Magelang dengan tembusan Komisi Aparat Sipil Negara (KASN).Ia mengatakan hal tersebut usai acara Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang 2018 di Lapangan Supardi Kabupaten Magelang. pelanggaran itu bermula pada Minggu (4/2) ada salah satu akun facebook mengunggah foto camat tersebut tengah berada di antara para peserta pendukung salah satu pasangan salon (paslon) yang sedang deklarasi. Panwaskab Magelang akhirnya memanggil pihak pengupload, perepost, orang-orang di dalam foto, dan orang yang berkomentar dalam postingan tersebut untuk klarifikasi. Pemanggilan dilakukan baik melalui surat resmi maupun tidak resmi, hingga mendatangi rumah masing-masing.Berdasarkan hasil klarifikasi, katanya pihak penyelenggara kegiatan, panitia mengaku mengundang camat tersebut hanya secara lisan. pihaknya sudah mengirimkan rekomendasi hasil rapat pleno yang memberikan peringatan keras kepada camat yang bersangkutan ke Bupati Magelang dan Sekda untuk ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.Penjabat sementara Bupati Magelang Tavip Supriyanto mengatakan sanksi yang diberikan sesuai dengan kesalahan yang dilakukan.

KAMPANYE SANTUN DI MAGELANG

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menyerukan kepada para calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang beserta para pendukungnya untuk melakukan kampanye yang santun, tertib, berbudaya, dan bermartabat. Hindari cara-cara kekerasan, intimidasi, hoax di medsos, kampanye hitam, politik uang, dan juga penggunaan isu-isu SARA.demikian di katakan  Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin di Magelang, Minggu kemarin.Ia menyampaikan hal tersebut pada Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2018 di Lapangan drh. Supardi Kabupaten Magelang. Pada deklarasi kampanye damai tersebut tidak dihadiri calon bupati nomor urut 1 Zaenal Arifin, S.IP karena tengah menjalankan ibadah umroh. Menurut Afiffuddin model kampanye tersebut harus dijauhi sehingga pelaksanaan kampanye di Kabupaten Magelang berlangsung elegan, tertib, edukatif yang bisa mendorong kedewasaan politik masyarakat. deklarasi kampanye damai ini memiliki makna yang mendalam karena dengan acara ini dan juga teksline Pilbup damai Kabupaten Magelang aman dan Nyaman tentu diinginkan semua pihak.

PJ BUPATI INGATKAN PARA  ASN TAK BERPOLITIK

Penjabat sementara Bupati Magelang, Jawa Tengah, Tavip Supriyanto mengingatkan para aparat sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Magelang untuk tidak sampai terkotak-kotak karena pemilihan kepala daerah.pihaknya  tegaskan para ASN harus benar-benar netral dalam pilkada, ASN tidak boleh terkotak-kotak gara-gara pilkada.demikian di katakan di Magelang, Minggu. Ia menyampaikan hal tersebut pada Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang 2018 di Lapangan drh Supardi Kabupaten Magelang.Ia mengatakan ASN harus netral, ada aturan-aturan yang dipegang oleh para ASN, tidak boleh berpolitik praktis, kampanye, dan sebagainya. Ia juga berharap seluruh masyarakat di Kabupaten Magelang untuk ikut menjaga deklarasi kampanye damai ini agar pelaksanaan demokrasi di Kabupaten Magelang berjalan dengan aman, lancar, damai, dan kondusif.

Sekilas Merapi 19 Februari 2018

UMM KEMBANGKAN  SDM KE LUAR NEGERI

Universitas Muhammadiyah Magelang memperkokoh kerja sama, terutama bidang pendidikan, dengan sejumlah pihak di Australia melalui keikutsertaan kunjungan ke Technical and Further Education Holmesglen Melbourne yang dilakukan Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.Kegiatan yang dilakukan antara lain mengembangkan kerja sama untuk program studi yang relevan dengan TAFE Holmesglen, terutama untuk program vokasi dan diploma.demikian d i katakan  Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang Eko Muh Widodo . Ia bersama 29 pimpinan perguruan tinggi Muhammadiyah se-Indonesia lainnya melakukan kunjungan selama delapan hari, mulai 11 hingga 18 Februari 2018 di Australia.
UMM JALIN KAMPUS AUSTRALIA

Universitas Muhammadiyah Magelang ada dua program studi yang dinilai relevan dengan kerja sama internasional bidang pendidikan yang ditawarkan tersebut, yakni Prodi Diploma 3 Mesin Otomotif dan Program Diploma 3 Keperawatan.  Demkian di katakan Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang Eko Muh Widodo pada hari sabtu 17 februari 2018.Universitas Muhammadiyah Magelang yang berada di bawah naungan Majelis Dikti PP Muhammadiyah mengadakan kerja sama dengan empat institusi sekaligus di Australia, yakni dengan Pemerintah Victoria, Victoria University, Holmesglen Vocational and Higher Education, serta Monash University.Ia optimistis bahwa jalinan kerja sama internasional tersebut dapat membawa Universitas Muhammadiyah Magelang di Jawa Tengah itu, makin kokoh dan berkualitas, terutama menyangkut pengembangan sumber daya manusia, baik dosen, mahasiswa, maupun kepentingan peningkatan penelitian secara ilmiah.Selain mengadakan kerja sama dengan beberapa instansi, rombongan juga mengujungi lokasi untuk pendirian sekolah Muhammadiyah di Melbourne, Australia serta mengikuti kuliah umum oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang dilakukan di Monash University.

WARGA  HANYUT DI SUNGAI PROGO

Seorang warga Dusun Bawang, Desa Ngadirejo, Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bernama Ari Aprilianto (28) hanyut di Sungai Progo saat bermain tubing, pada Jumat, pukul 14.00 WIB.Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang Edy Susanto di Magelang mengatakan korban hanyut saat bermain tubing bersama enam temannya. kecelakaan air ini terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. mereka start dari seputaran Tempuran. Hingga Jumat malam korban belum ditemukan.Kegiatan Tubing tersebut tidak dilengkapi dengan alat pengaman diri. Pada saat melakukan tubing tiba-tiba debit air meningkat.Saat mereka melewati jeram, enam orang mampu berenang dan menguasai air, namun korban terserat arus sungai. Saat itu juga  para relawan melakukan pemantauan visual di titik-titik tertentu. titik pemantauan, antara lain di Jembatan Ancol, Ngapak, Krinjing, Jagalan, dan Jembatan Nanggulan.

HARGA SEMBAKO NAIK

Harga sejumlah barang komoditas di  magelang setelah Imlek masih bertahan tinggi, di antaranya bawang merah, bawang putih, dan telur ayam.Untuk harga bawang putih kisaran  Rp35.000/kg, naik sedikit dari sebelumnya Rp34.000/kg.demikiandi katakan pedagang Pasar  kebonpolo magelang  .sebelumnya harga bawang putih di kisaran Rp20.000/kg, sedangkan untuk bawang merah juga mengalami kenaikan dari Rp17.000/kg menjadi Rp20.000/kg.Kenaikannya sudah satu minggu ini, mungkin kalau bawang putih naik harga karena impor dari Tiongkok. Seorang pedagang lain, Wid, mengatakan saat ini untuk bawang merah kering harganya naik dari Rp18.000/kg menjadi Rp22.000-23.000/kg, sedangkan untuk bawang putih bersih naik dari Rp30.000/kg menjadi Rp36.000/kg.
Selain itu, harga telur ayam juga mengalami kenaikan dari Rp18.000-19.000/kg menjadi Rp21.500/kg.

Sekilas Merapi 17 Februari 2018

PERYAAN IMLEK DI MAGELANG

Perayaan Tahun Baru Imlek oleh warga keturunan Tionghoa di Kota Magelang menjadi momentum mawas diri untuk selanjutnya meningkatkan semangat bekerja.demikian di katakan  Pembina Yayasan Tri Bakti yang mengelola Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang David Hermanjaya.Sesuai dengan sio anjing, ini mempunyai sifat suka bekerja dengan rajin.demikian di katakan terkait dengan makna perayaan Tahun Baru Imlek 2569/2018 bagi masyarakat keturunan Tionghoa di kota itu di Magelang, Jawa Tengah, Jumat 16 februari 2018 . menurutnya  Tahun Baru Imlek kali ini dengan sio anjing tanah yang mempunya sifat setia, namun juga banyak berbicara.Oleh karena itu, , masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia, dan khususnya di Magelang, harus lebih rajin bekerja untuk meningkatkan perekonomian atau kesejahteraan, baik bagi diri, keluarga, maupun masyarakat umum.
SEMBAHYANG IMLEK DI MAGELANG

David hermanjaya   Ketua DPD Walubi Jawa  tengah mengatakan tentang pentingnya warga turut berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat terkait dengan tahun politik atau pesta demokrasi.Perayaan Imlek oleh warga keturunan Tionghoa di Kota Magelang ditandai dengan prosesi persembahyangan Sin Cia atau Tahun Baru 2569/2018 dan persembahyang Thauw Gee (awal tahun) di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang pada pergantian waktu Kamis (15/2) hingga Jumat dini hari.

RUMAH RUSAK TERJANG ANGIN

Puluhan rumah milik warga Dusun Candiduwur, Desa Sengi, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis mengalami kerusakan akibat tersapu angin kencang.Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Edy Susanto di Magelang mengatakan rumah rusak pada bagian atap atau genteng berhamburan karena diterjang angin kencang. angin kencang yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB tersebut mengakibatkan 45 rumah mengalami rusak ringan, sedang, dan berat.Berdasarkan catatan kami ada dua rumah rusak berat, lima rusak sedang, dan sisanya rusak ringan.Selain rumah rusak, angin kencang juga mengakibatkan beberapa pohon tumbang. rumah rusak sedang yakni milik Supadi, Sardi, Kimpul, Harjotarti, dan Suroso. Sedangkan rumah rusak berat merupakan milik Sunarjo dan Iryanto. bencana angin kencang tersebut juga mengakibatkan Taryono (55) mengami luka di bagian kepala karena terkena pohon bambu yang roboh menimpa rumahnya dan langsung dilarikan ke rumah sakit. kejadian tersebut bermula terjadi hujan yang disertai dengan angin kencang yang mengakibatkan puluhan rumah rusak.usai kejadian warga bersama relawan langsung melakukan kerja bakti untuk membenahi rumah yang rusak tersebut. 

PENGAJARAN BAHASA INGGRIS  SEMAKIN SULIT

Perkembangan isu pengajaran Bahasa Inggris selalu mengalami perubahan sesuai dengan kemajuan teknologi dan informasi dunia.demikian di katakan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar Kota Magelang, Sukarno.Pengajaran Bahasa Inggris mengalami perubahan luar biasa dan cepat. Penguasaan prinsip-prinsip dasar tentunya harus dilengkapi dengan update info terkini di lingkup dunia.Ia mengatakan hal itu pada International Seminar and Workshop Series with Shantou University (STU) Faculty Member dengan tema "Current Trends and Isuues in English Language Teaching (ELT)" yang diselenggarakan Untidar Kota Magelang, Jawa Tengah.Seminar internasional pada Rabu itu, menghadirkan tiga narasumber, yakni Cristine David (Shantou University), Ricardo Riberio (Sao Paulo, Brazil), dan Nick Lischynsky (Albany University, United State). Ketiganya dosen dan praktisi Bahasa Inggris di Shantou University, Guandong, China.

BUMD TINGKATKAN KINERJA

Badan Usaha Milik Daerah yang ada di Provinsi Jawa Tengah didorong membuat berbagai program kerja untuk mendukung ketahanan pangan sebagai upaya pengendalian inflasi.Nanti Citra Mandiri Jawa Tengah (CMJT) akan kita panggil karena perannya belum nampak, apalagi kita punya anak perusahaan dari CMJT yang mengurusi urusan pangan.demikian di katakan  Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono.Sekda berharap melalui pengoptimalan ketahanan pangan tersebut, inflasi di Jateng bisa dikendalikan dengan baik sehingga kemampuan daya beli masyarakat juga dapat ditingkatkan.

Sekilas Merapi 16 Februari 2018

OP BERAS BULOG

Perum Bulog Subdivre Kedu berencana kembali menggelar operasi pasar (OP) beras di wilayah yang masih kekurangan stok beras  antara lain di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, untuk menekan tingginya harga beras di pasaran.Kepala Bulog Subdivre Kedu, Sri Emilia Mudiyanti di Magelang, menyebutkan ada tiga mitra kerja Bulog yang telah mengambil beras OP tersebut sebanyak 45 ton.
Masing-masing pengambilan 10 ton, 15 ton, dan 20 ton, pengambilan beras telah dilakukan pekan lalu.saat ini beras tersebut baru selesai proses pengolahan sebelum disalurkan melalui OP. sesuai standar Bulog sebelum disalurkan ke pasar supaya beras diperbaiki agar kondisinya lebih baik dan bisa diterima masyarakat.

KADER SIAGA KOTA MAGELANG JUARA

Kader Siaga Trantib Kota Magelang meraih juara I dalam Lomba KST tingkat Jawa Tengah pada 2018 yang diikuti 35 kabupaten dan kota di provinsi itu.Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemkot Magelang Singgih Indri Pranggana di Magelang, mengatakan KST Kota Magelang dalam penilaian kejuaraan tersebut pada tahun ini diwakili oleh Kelurahan Magersari.Setiap tahun kita menunjuk KST bergantian dari kelurahan-kelurahan. Tahun ini yang ditunjuk Kelurahan Magersari.
Tim KST Kelurahan Magersari yang terdiri atas tujuh orang, terlebih dahulu mengikuti tahapan penilaian. Tim penilai datang langsung ke kelurahan tersebut pada 18 Januari lalu untuk melakukan penilaian terhadap beberapa hal, antara lain administrasi, keterlibatan semua pihak dengan KST, dan berbagai tugas KST.
KST BANTU  PEMERINTAH KOTA MAGELANG

Keberadaan KST di Kota Magelang berdasarkan Keputusan Wali Kota Magelang Nomor 300/65/112 Tahun 2015 tentang Kader Siaga Trantib (KST), sedangkan tugasnya antara lain membantu Satpol PP dalam mendeteksi dini permasalahan gangguan di lingkungan masyarakat, mencegah dan melaporkan kondisi keamaan serta ketertiban lingkungan.Sekretaris Satpol PP Pemkot Magelang Retno Rini mengatakan setiap kelurahan memiliki KST dengan pembentukan secara serentak pada 2015.Kelurahan Magersari yang pada tahun ini menang lomba KST Jateng memiliki keunggulan, antara lain aktif, kompak, dan secara efektif membantu kegiatan Satpol PP.Dengan prestasi tersebut, selanjutnya Satpol PP memperkuat jalinan kerja sama dan mengoptimalkan peranan KST- Sekretaris KST Kelurahan Magersari Endang Winarti mengaku tidak menyangka dapat meraih juara I Lomba KST tingkat Provinsi Jateng.Kegiatan rutin yang selama ini dilaksanakan KST Kelurahan Magersari, antara lain "sambang ndalu", keliling/ronda ke rukun warga, inspeksi ke berbagai tempat indekos, membantu masyarakat menangani pelanggaran, sosialisasi perda, menangani masalah yang dilaporkan masyarakat, dan pencerahan kepada masyarakat yang bermasalah.

WASPADAI GIZI BURUK

Dewan Pembina Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) Prof. dr Fasli Jalal menilai stunting atau masalah kurang gizi kronis masih menjadi ancaman bagi generasi mendatang.Fasli mengatakan stunting yang disebabkan kekurangan gizi pada usia dini dapat meningkatkan kematian untuk bayi dan anak, kerja otak tidak maksimal, dan menurunkan kemampuan kognitif.Ketua Rembug Nasional Firdaus Ali mengatakan upaya pemerintah menekan angka stunting terdiri atas tiga tahap, yakni pertama turunnya prevalensi stunting anak kurang dari dua tahun.
PENINGKATAN PELAYANAN  BPJS

BPJS Kesehatan mulai menerapkan sistem pembayaran tertutup (close payment system) per 1 Februari 2018 dengan tujuan data peserta terdaftar dapat update sesuai dengan perubahan yang terjadi di masing-masing badan usaha atau sektor pekerja penerima upah (PPU) atau perusahaan. Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso menjelaskan bahwa close payment merupakan sistem pembayaran iuran peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang mensyaratkan pembayaran iuran hanya dapat dilakukan sesuai dengan jumlah tagihan yang ditagihkan oleh BPJS Kesehatan, sehingga badan usaha atau perusahaan harus membayar besaran iuran sesuai jumlah yang ditagihkan. Kebijakan tersebut ditetapkan untuk kepentingan peserta. Terutama untuk memastikan tidak ada kendala saat peserta membutuhkan pelayanan kesehatan.

 

 

Sekilas Merapi 15 Februari 2018

APEL SIAGA BAWASLU

Menjelang masa kampanye pada Pilkada 2018, Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menggelar apel siaga yang diselenggarakan di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur yang juga tempat sakral umat Buddha, Rabu (14/02/2018). Turut menghadiri dalam acara apel siaga tersebut, Ketua Bawaslu RI, Abhan, Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin), beserta calon Bupati Magelang, dan Wakil Bupati Magelang. Ketua Bawaslu RI, Abhan, mengatakan bahwa, kegiatan ini memiliki dua tujuan utama, yakni apel siaga dan mendeklarasikan Tolak dan Lawan Money Politik menjelang masa kampanye Pilkada 2018.Terkait rekening khusus dana kampanye, Abhan, menjelaskan bahwa, hari ini (14/2) merupakan batas akhir untuk penyampaian awal dana kampanye, sampai pada pukul 18.00 WIB. Abhan mengatakan bahwa dari 569 pasangan calon yang telah ditetapkan di seluruh Indonesia, terdapat beberapa gugatan yang telah masuk ke pihak Bawaslu.

RATUSAN  PENYELENGGARA PILKADA JATENG KUMPUL DI BOROBUDUR

Badan Pengawas Pemilu Jawa Tengah dan Panitia Pengawas Kabupaten Magelang menggelar apel pengawas pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng di Lapangan Lumbini kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Rabu 14 februari 2018.Apel yang diikuti sekitar 700 penyelenggara pilkada se Jawa Tengah dari unsur Panwas dan KPU tersebut juga dihadiri Ketua Bawaslu RI Abhan dan Ketua Bawaslu Jateng M. Fajar S. A. K. Arif.Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan kegiatan ini merupakan bagian untuk menunjukkan bahwa jajaran pengawas pemilu khususnya di Jateng siap untuk melaksanakan tugasnya sebagai pengawas pemilu, karena mulai tanggal 15 Februari sampai dengan 23 Juni 2018 tahapan kampanye berlangsung.Tahapan kampanye cukup lama sampai 127 hari, maka pada kesempatan ini kami berpesan pada jajaran pengawas pemilu untuk siap siaga melakukan pengawasan di tahapan kampanye .Ia juga berpesan kepada jajaran pagawas pemilu untuk siap siaga melakukan pengawasan di tahapan kampanye ini dan selanjutnya melakukan upaya-upaya pencegahan sebelum melakukan tindakan.

PULUHAN  BALON GUBERNUR BUPATI  WALIKOTA BERMASALAH

Ketua Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia Abhan Misbah menyatakan sekitar 40an bakal calon pasangan gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati, wali kota-wakil wali kota yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) berpotensi sengketa.Setelah penetapan pasangan calon, memang ada yang berpotensi menyampaikan gugatan, yakni bakal calon pasangan yang dinyatakan TMS.demikian di katakan usai menjadi pembina apel pengawas pilkada di Lapangan Lumbini kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Rabu 14 februari 2018 . dari 569 bakal pasangan calon menurut hitungan Bawaslu ada sekitar 40an bakal pasangan calon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.Hal ini berpotensi untuk sengketa ke Panwas Pemilu, baik di kabupaten maupun di Bawaslu provinsi. kalau bakal calon pasangan kemarin dinyatakan TMS dan tidak terima bisa melakukan upaya hukum dengan mengajukan sengketa sesuai dengan tingkatannya, kalau bakal calon pasangan bupati-wakil bupati atau wali kota-wakil wali kota ke Panwas kabupaten/kota dan kalau bakal calon pasangan gubernur-wakil gubernur ke Bawaslu provinsi.

PENINGKATAN PELAYANAN PAJAK DI JAWA TENGAH

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta jajaran Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah provinsi setempat terus berinovasi untuk mempermudah pembayaran pajak oleh masyarakat.Untuk meningkatkan pendapatan di sektor pajak, BPPD perlu membuat inovasi-inovasi guna mempermudah masyarakat membayar pajak .Ganjar menjelaskan, peran pendapatan daerah dalam pembangunan tidak dapat dipisahkan dan melalui pendapatan dari berbagai sektor tersebut pembangunan bisa terus dilakukan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.Menurut Ganjar, reformasi pelayanan yang dilakukan oleh BPPD Jateng sejauh ini sudah sangat baik, salah satunya inovasi berupa pelayanan pada akhir pekan.Inovasi tersebut, menghasilkan target pendapatan Provinsi Jateng melebihi target yang sudah ditetapkan pada 2017.

Sekilas Merapi 14 Februari 2018

BUPATI MAGELANG PAMITAN MAJU PILKADA 

Bupati Magelang Zaenal Arifin berpamitan kepada para pegawai yang bertugas di lingkungan kantor sekretariat daerah pemerintah kabupaten setempat, Selasa, karena akan segera cuti untuk maju lagi dalam pemilihan kepala daerah.pihaknya  berterima kasih dan memberikan penghargaan yang setulus-tulusnya atas dedikasi, loyalitas, dan pengabdian, serta kontribusi yang diberikan semua pegawai di lingkungan Pemkab Magelang untuk kemajuan dan kemakmuran masyarakat.demikian di katakan  saat memimpin apel pegawai dan sekaligus pamitan cuti untuk maju pilkada di Magelang, Selasa 13 februari 2018 .Bupati Zaenal Arifin maju sebagai calon petahana bupati berpasangan dengan Edi Cahyana (calon wakil bupati) dalam pilkada setempat dengan diusung sejumlah partai politik, yakni PDI-Perjuangan, PKB, PAN, PPP, dan Partai Demokrat.Pasangan lainnya dalam pesta demokrasi di daerah itu, yakni Wakil Bupati Zaenal Arifin yang maju pilkada sebagai calon bupati berpasangan dengan Rohadi Pratoto (calon wabup) dengan diusung Partai Gerindra, Partai Golkar, dan PKS.

TRANTIP KOTA MAGELANG BERPRESTASI

Kader Siaga Trantib Kota Magelang meraih juara I dalam Lomba KST tingkat Jawa Tengah pada 2018 yang diikuti 35 kabupaten dan kota di provinsi itu.Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemkot Magelang Singgih Indri Pranggana di Magelang, Senin, mengatakan KST Kota Magelang dalam penilaian kejuaraan tersebut pada tahun ini diwakili oleh Kelurahan Magersari.Setiap tahun kita menunjuk KST bergantian dari kelurahan-kelurahan. Tahun ini yang ditunjuk Kelurahan Magersari.
Tim KST Kelurahan Magersari yang terdiri atas tujuh orang, terlebih dahulu mengikuti tahapan penilaian. Tim penilai datang langsung ke kelurahan tersebut pada 18 Januari lalu untuk melakukan penilaian terhadap beberapa hal, antara lain administrasi, keterlibatan semua pihak dengan KST, dan berbagai tugas KST.

LOMBA GOLF DI HARI JADI KOTA MAGELANG

Lomba golf mengawali peringatan Hari Jadi Ke-1112 Kota Magelang yang dipadukan dengan program Ayo Ke Magelang.demikian di katakan ketua panitia lomba AKBP Kristanto. tujuan pelaksanaan lomba golf adalah mengawali rangkaian HUT Kota Magelang tahun ini. Dipadukan dengan program pemerintah 'Ayo Ke Kota Magelang'.demikiandi katakan  di sela pembukaan lomba golf di Borobudur Golf Kota Magelang  baru baru ini . Kegiatan itu diharapkan menarik minat pegolf dan wisatawan untuk mengunjungi Kota Magelang yang juga berjuluk Kota Sejuta Bunga .Ia mengajak para pegolf bergabung dan berkompetisi sekaligus mengenal daya tarik wisata di daerah setempat, khususnya wisata olahraga.Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengatakan kompetisi tersebut membawa multidampak bagi Kota Magelang.

SISTEM BARU PEMBAYARAN BPJS

BPJS Kesehatan mulai menerapkan sistem pembayaran tertutup (close payment system) per 1 Februari 2018 dengan tujuan data peserta terdaftar dapat update sesuai dengan perubahan yang terjadi di masing-masing badan usaha atau sektor pekerja penerima upah (PPU) atau perusahaan. Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso menjelaskan bahwa close payment merupakan sistem pembayaran iuran peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang mensyaratkan pembayaran iuran hanya dapat dilakukan sesuai dengan jumlah tagihan yang ditagihkan oleh BPJS Kesehatan, sehingga badan usaha atau perusahaan harus membayar besaran iuran sesuai jumlah yang ditagihkan.Kebijakan ini ditetapkan untuk kepentingan peserta. Terutama untuk memastikan tidak ada kendala saat peserta membutuhkan pelayanan kesehatan. Misalnya kartu tidak aktif karena badan usaha membayar iuran tidak sesuai dengan yang ditagihkan. Pembayaran iuran tidak boleh kurang dan kalau lebih harus sesuai dengan kelipatannya.

Sekilas Merapi 13 Februari 2018 

PENETAPAN CALON BUPATI

Setelah melalui beberapa tahapan Pilkada, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang telah menetapkan dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2018 di Aula Kantor KPU Magelang, Senin (12/02/2018).Affifudin menyatakan bahwa kedua pasangan calon dalam waktu dekat akan segera melakukan masa cuti. Diketahui Paslon M. Zaenal Arifin - Rohadi Pratoto diusung oleh partai Gerindra, Golkar, dan PKS. Sedangkan Zaenal Arifin dan Edi Cahyana diusung oleh partai PDI, PKB, PPP, PAN, serta Demokrat.

BENCANA LONGSOR DUA KECAMATAN

Dalam sehari bencana tanah longsor telah melanda Kecamatan Windusari dan Kecamatan Borobudur. Bencana longsor terjadi di tiga titik yakni di Dusun Gunungsari, Dusun Ngaglik, dan di Dusun Tukung.Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto mengatakan, bencana tanah longsor tersebut terjadi pada hari Minggu (11/2) disebabkan oleh curah hujan tinggi.Dari data yang berhasil dihimpun, longsor di Dusun Gunungsari, Desa Gunungsari, Kecamatan Windusari terjadi pada pukul 16.00 WIB. Longsor sempat menutup akses jalan desa. Namun demikian tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut.

TANAH LONGSOR DI WINDUSARI RUSAK RUMAH

Bencana alam tanah longsor  pada musim penghujan kali ini juga terjadi di Kecamatan Windusari   di Dusun Tukung, Desa Ngemplak. Longsor menimpa sebagian rumah Slamet, salah satu warga setempat sekitar pukul 18.00 WIB. Longsor itu di tebing setinggi 25 meter dengan panjang 12 meter, menyebabkan sebagian rumah milik Slamet mengalami rusak ringan pada bagian kandang.Longsor di lokasi lain juga terjadi di Kecamatan Borobudur yakni di Dusun Ngaglik, Desa Giritengah. Longsor sendiri diperkirakan terjadi pada pukul 19.30 WIB dan menimpa 2 rumah milik warga setempat. Selain itu longsor juga sempat menutup sebagian akses jalan.Saat ini petugas penanggulangan bencana Kabupaten Magelang bersama warga, dibantu TNI dan Polri tengah melakukan kerja bakti untuk mengevakuasi dan melakukan pembersihan pada akses jalan yang tertutup longsor.

NENEK TEWAS DI KEBUN

Seorang nenek asal Dusun Krajan, Desa Kalijero, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Yatinah (68) ditemukan dalam kondisi meninggal di sebuah kebun di dekat rumahnya, Minggu (11/02).Informasi yang berhasil dihimpun, korban pergi mencari rumput sejak Sabtu pagi (10/2) dan tidak pulang hingga petang hari. Korban berhasil ditemukan pada hari Minggu (11/02) sekitar pukul 09.00 WIB di sebuah kebun yang berjarak 500 meter dari rumahnya, dengan posisi tergeletak.Sesaat setelah ditemukan, korban dibawa oleh petugas Polsek Salaman bersama anak kandung korban ke Puskesmas 1 Salaman guna dilakukan proses pemeriksaan. Tidak ditemukan kejanggalan atau tanda-tanda penganiayaan. Pihak keluarga korban pun telah ikhlas dan menganggap peristiwa tersebut sebagai musibah.Selanjutnya, jenazah langsung dibawa ke rumah duka di Dusun Krajan, Desa Kalirejo untuk dilakukan proses pemakaman.

KANTOR BARU IMIGRASI DI MAGELANG

Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, bakal membuka kantor Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Kabupaten Magelang. Penandatangan kerja sama dengan Pemkab Magelang dilaksanakan oleh Direktur Jendral Imigrasi Ronny F. Sompie dan Bupati Magelang, Zaenal Arifin di Aula Ditjen Imigrasi Kuningan Jakarta (11/2).Bupati Magelang, Zaenal Arifin, menerangkan, Kabupaten Magelang memiliki luas wilayah sebesar 1.085,73 Km2, yang terdiri dari 21 Kecamatan 367 Desa, dan dengan jumlah penduduk sebanyak 1.245.496 jiwa. Dengan kondisi ini, setiap tahun ribuan penduduk di Kabupaten Magelang menunaikan ibadah haji dan umroh, sehingga membutuhkan pelayanan keimigrasian.Rencananya, Kantor Unit Kerja Keimigrasian di Kabupaten Magelang, akan menempati gedung eks Rumah Dinas Sekda Kabupaten Magelang, di Jalan Soekarno Hatta, Kota Mungkid. Saat ini gedung tersebut telah selesai direnovasi, sehingga diharapkan dalam waktu dekat ini sudah dapat di operasionalkan. 

Sekilas Merapi 12 Februari 2018

KEMBANGKAN WISATA  DI CANDI BOROBUDUR

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan terlalu mudah bagi Candi Borobudur dan kawasan strategis pariwisata nasional di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mendatangkan dua juta wisatawan mancanegara.Maka salah satu tugas kita adalah meyakinkan bahwa hal itu akan terjadi.demikian dikatakan  dia pada peluncuran Badan Otorita Pariwisata Borobudur di Taman Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jateng di Magelang, Jumat (9/2) malam.Ia mengatakan tujuan membuat "10 Bali baru" itu adalah membuat destinasi wisata kelas dunia, sedangkan Borobudur masuk kriteria tersebut.Candi Borobudur sudah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, sedangkan apa yang ditetapkan UNESCO di seluruh dunia itu layak menjadi destinasi utama wisata. untuk mencapai hal tersebut harus ada akses mudah. Oleh karena itu perlu dibangun bandara internasional yang lebih representatif. Bandara yang ada sekarang sudah "overload".
SEMBAHYANG UMAT TRIDARMA DI  MAGELANG

Umat Tri Dharma Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat, menggelar sembahyang Sang An (Punggahan Toa Pekong) di Klenteng Liong Hok Bio untuk mengawali rangkaian Imlek 2569. Selain sembahyang di depan altar kelenteng, umat juga bersembahyang di depan Patung Tjo Cau Kong (Dewa Dapur) yang terletak di dapur klenteng yang pernah terbakar pada 2014. Paul mengatakan sembahyang Toa Pekong naik tersebut dilakukan untuk melaporkan kepada para dewa, khususnya Dewa Tjo Cau Kong tentang amal baik dan buruk para umat selama setahun perjalanan.Para umat berharap pada sembahyang tersebut amal perbuatan yang baik-baik selama satu tahun ini yang dilaporkan melalui dewa kepada Tuhan Yang Maha esa.

GUBERNUR HARAPKAN KEMBANGKAN WISATA DESA

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengharapkan masyarakat bisa mengangkat potensi desa untuk dikembangkan di bidang pertanian, kebudayaan, dan pariwisata. Ganjar di Magelang, Jumat, mengatakan dengan mengembangkan potensi desa maka bisa menambah penghasilan masyarakat. Ia mengatakan hal tersebut usai panen perdana cabai di Desa Girikulon, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang."Pemuda Desa Girikulon ini ternyata kreatif, yakni memanfaatkan aliran sungai yang ada di desa untuk mengembangkan wisata tubina.di desa ini ada grup kesenian yang bisa dikembangkan untuk paket wisata. Sebenarnya tanaman cabai ini juga bisa dipadukan menjadi paket wisata petik cabai, terutama bagi wisatawan mancanegara.

WALIKOTA MOTIVASI PNS 

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito memberikan inspirasi dan motivasi kepada peserta Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan III dan IV Angkatan I di Kantor Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Regional Yogyakarta .pihaknya  ingin menjadikan Kota Magelang sebagai 'Singapura-nya' Jawa Tengah.Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan tentang visi dan misi Kota Magelang di bawah pemerintahannya selama dua periode terakhir ini.Dia mengatakan tentang kondisi Kota Magelang sebagai kota kecil di tengah-tengah Pulau Jawa namun memiliki kekayaan potensi yang bisa diandalkan untuk memajukan daerah terkait dengan lokasinya yang strategis itu.Ia mencontohkan tentang capaian pemungutan pajak bumi dan bangunan yang bisa lebih dari 100 persen yang kuncinya berupa komitmen melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

 

 

Sekilas Merapi 10 Februari 2018

MAHASISWA UNTIDAR PKL DI MALASIA 

Sebanyak delapan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah melakukan praktik kerja lapangan di Malaysia.Dekan FKIP Untidar Sukarno dalam keterangan yang diterima di Magelang, Jumat, mengatakan program PKL internasional tersebut sebagai implementasi mata kuliah English for Children Program Pendidikan Bahasa Inggris di perguruan tinggi negeri tersebut.EFC merupakan salah satu mata kuliah dalam kurikulum Prodi PBI FKIP yang fokus pada pengajaran Bahasa Inggris kepada anak-anak.Sebanyak delapan mahasiswa yang mengikuti praktik tersebut, yakni Ines Miftakhuljanah, Linda Putri Sulistiyana, Bunga Umi Luthfiyani, Rasyda Imadita, Sholikhah Dwi Astuti, Indah Fitriliany, Shrily Hapsari Winahyu Lestari, dan Nurul Dwi Astari.Mereka telah melalui proses seleksi yang antara lain berupa sosialisasi, pendataan, dan tes. Untuk lolos seleksi tersebut, dari sisi akademik, mahasiswa harus memiliki nilai indeks prestasi kumulatif lebih dari 3,50. PKL atau magang internasional dilaksanakan di dua sekolah setingkat taman kanak-kanak, yaitu Tabika KEMAS Bandar Sungai Buaya 1 dan 2, Selangor, Malaysia.

UMM DAPA T HIBAH DARI PEMERINTAH

Sebanyak 32 proposal dosen Universitas Muhammadiyah Magelang, Jawa Tengah, lolos seleksi sekaligus mendapat dana hibah penelitian dan pengabdian dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun 2018 senilai Rp2,8 miliar.Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) UMM, Heni Setyowati, di Magelang mengatakan 32 proposal tersebut terdiri atas 17 proposal penelitian dan 15 proposal pengabdian.Proposal penelitian meliputi skim penelitian desentralisasi sebanyak 14 proposal, dan skim penelitian kompetitif nasional sebanyak tiga proposal (1 proposal penelitian disertasi Doktor, 1 proposal penelitian kerja sama luar negeri, dan 1 proposal penelitian strategi nasional konsorsium).Menurut nya , dana senilai Rp2,8 miliar yang dikucurkan Dikti tersebut digunakan untuk dana pengabdian senilai Rp1,1 miliar, dana penelitian desentralisasi senilai Rp1,2 miliar, dan dana penelitian kompetitif nasional senilai Rp500 juta. sebagai tindak lanjut dari pencapaian hibah tersebut, LP3M telah mengundang ketua pengusul untuk segera membuat rencana anggaran belanja (RAB) perubahan sesuai dengan anggaran yang disetujui.

BULOG BELUM SERAP GABAH PETANI

Perum Bulog Subdivre Wilayah V Kedu hingga saat ini belum melakukan penyerapan gabah karena terkendala tingginya harga gabah di pasaran, kata Wakil Kepala Perum Bulog Kedu Abdullah.Sejak Januari 2018 kami belum ada penyerapan karena harga masih di atas harga pembelian pemerintah (HPP) dan harga fleksibilitas kami serta realisasi panen masih kurang.Saat ini HPP gabah kering panen (GKP) Rp3.700 per kilogram dan gabah kering giling (GKG) Rp4.600 per kilogram. Sedangkan untuk harga fleksibilitas pembelian beras medium Rp8.000 per kilogram dan harga fleksibilitas pembelian beras premium Rp9.000 per kilogram. berdasarkan pantauan Bulog saat ini harga beras medium di pasaran masih berkisar Rp9.000-10.000 per kilogram dan beras premium masih di atas Rp10.000 per kilogram.

WALIKOTA RESMIKAN PROYEK

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito meresmikan berbagai hasil proyek pembangunan fisik di daerah setempat pada Tahun Anggaran 2017 di GOR Samapta.Pada kesempatan itu, ia memberikan apresiasi atas pelaksanaan berbagai proyek pembangunan fisik TA 2017, terutama karena tidak terjadi pemutusan kontrak, meskipun ada beberapa bangunan kurang sempurna sehingga perlu pembenahan.Pelaksanaannya sesuai rencana, tidak ada yang putus kontrak. Jujur saja ada beberapa bangunan yang perlu dibenahi, disempurnakan, tapi itu hal-hal kecil seperti gerendel pintu dan lainnya.Pihak pemborong sudah diminta melakukan pembenahan dan penyempurnaan pekerjaan proyek yang masih belum sempurna itu. Berbagai proyek itu dengan dana APBD 2017 Kota Magelang.Terkait dengan rencana pembangunan pada Tahun Anggaran 2018, Sigit menyebutkan ada beberapa gedung yang akan dibangun, di antaranya bangunan delapan lantai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar dan kolam renang di belakang GOR Samapta.

ZAKAT BAGI ASN KOTA MAGELANG

Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, sudah menerapkan kebijakan penarikan zakat bagi aparatur sipil negara Muslim dalam dua tahun tersakhir.demikian di katakan  Wali Kota setempat, Sigit Widyonindito.Pemerintah pusat lagi menggodok rencana kebijakan penarikan zakat 2,5 persen bagi ASN muslim, di Kota Magelang hal tersebut sudah berjalan bagus sejak dua tahun lalu.demikian di katakan di Magelang, usai peresmian hasil pembangunan Kota Magelang di kompleks GOR Samapta Magelang. penarikan zakat dari gaji ASN Kota Magelang ini bahkan sudah mencapai angka lebih dari Rp1 miliar.Sudah di kumpulkan, tidak usah dikejar-kejar, ditekan-tekan. Para ASN sudah dengan kesadaran mereka membayar zakat dari gaji mereka.

Sekilas Merapi 09 Februari 2018

AKSI DEMO PENAMBANG PASIR

Menyusul adanya SK Gubernur Jawa Tengah yang telah memutuskan kenaikan pajak baru pengambilan pasir dan batu, ratusan penambang dan sopir truk menggelar unjuk rasa di depan Pemda Kabupaten Magelang, Kamis (08/02/2018).Mereka menolak mentah kebijakan itu karena SK tersebut dirasa tidak adil dan memberatkan masyarakat, terutama bagi para sopir truk.Sebelumnya, ratusan massa yang terdiri dari para penambang dan para sopir pun telah melakukan aksi unjuk rasa untuk menolak SK Gubernur di depan halaman Setda Kabupaten Magelang. Tak berselang lama, beberapa perwakilan dari aliansi sopir dan penambang pun dipersilakan untuk masuk, guna berkoordinasi dengan pihak Pemda Kabupaten Magelang. Koordinasi kali ini, dihadiri langsung oleh Bupati Magelang, Zaenal Arifin didampingi oleh Sekda Kabupaten Magelang, Eko Triyono.Salah satu juru bicara aliansi sopir truk, Agus M.S menyatakan keberatannya atas SK Gubernur tersebut. Ia merasa keputusan tersebut sangat menyudutkan para sopir truk, khususnya truk yang mengangkut pasir.Menanggapi hal tersebut, Bupati Magelang, Zaenal Arifin sangat mengapresiasi maksud dan tujuan dari aksi unjuk rasa tersebut. Pihaknya juga telah memutuskan untuk menunda SK Gubernur tersebut lantaran melihat banyaknya keluhan.

TANAHLONGSOR  TERJANG RUMAH

Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan tanah longsor di Dusun Kalisat, Desa Selomerah, Kecamatan Ngablak, Magelang, Kamis (08/02) dinihari. Peristiwa tersebut mengakibatkan tiga rumah milik warga setempat mengalami kerusakan berat.Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto mengatakan, tiga rumah rusak itu milik milik Wandori (50), Sutris (30) dan Yatno (60),Longsor tersebut setinggi 6 meter dengan panjang 20 meter. Kerusakan terparah di rumah milik Wandori, mengalami rusak pada bagian dapur. Hingga saat ini, petugas masih melakukan kajian terkait peristiwa longsor itu. Sedangkan hari ini, kurang lebih 150 warga telah melakukan kerja bakti.Warga juga dihimbau untuk mengungsi sementara waktu guna mengantisipasi terjadinya longsor susulaN.

HARI PERS  NASIONAL DI MAGELANG

Puluhan jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota dan Kabupaten Magelang menggelar kegiatan ziarah bersama dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional ke-70.para wartawan  bersama-sama melakukan ziarah ke makam Bapak Budiharjo. Almarhum merupakan wartawan senior pada masa orde baru yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan pada era Presiden Suharto. Bagyo, Ketua PWI Kabupaten Magelang usai melaksanakan ziarah ke makam di TPU Desa Wanurejo, Borobudur, Kamis (08/02/2018). Adapun kegiatan lain yang akan dilakukan antara lain tasyukuran, donasi buku yang akan diserahkan kepada beberapa pondok pesantren, dan juga donasi ikan yang akan diserahkan kepada para pegiat sungai.Jurnalis muda iniagar dapat melanjutkan apa yang sudah diwariskan oleh para pendahulu.Untuk menerapkan tema tersebut, wartawan diminta menjaga kondusifitas daerah. Salah satunya dengan membuat berita-berita yang benar sesuai dengan fakta, tidak mengadu domba, tidak mencampur adukan opini pribadi, serta kelompok dan golongan.

PENGAMANAN SEPAK BOLA DI MAGELANG

Menjelang pertandingan persahabatan antara PSIS Semarang melawan Persiba Balikpapan pada tanggal 10 Februari 2018 di Lapangan Moch. Soebroto, Polres Magelang Kota melakukan rapat koordinasi pengamanan bersama seluruh panitia penyelenggara pertandingan, Rabu (07/02/2018).Waka Polres Magelang Kota, Kompol Prayuda Widiyatmoko saat memimpin rakor pengamanan mengatakan, pihaknya akan merubah sistem pengamanan pertandingan dan akan lebih memperketat di berbagai aspek.Pada pertandingan persahabatan sebelumnya, pihaknya merasa kebobolan dengan kondisi para penonton dan suporter yang sangat membludak melebihi kapasitas stadion. Disamping itujuga terjadi mis pada bagian tiketing. Saat tiket sudah habis tetapi penonton ataupun suporter tetap bisa masuk. Keberadaan para pedagang yang memenuhi trotoar pun juga menambah sulitnya akses keluar masuk bagi para petugas evakuasi.Menanggapi hal tersebut, Prayuda menegaskan bahwa pihaknya akan menerjunkan Tim Saber Pungli untuk mengatasi masalah karcis parkir.

 

 

Sekilas Merapi 08 Februari 2018

RIBUAN PETANI BELUM MILIKI KARTU TANI

Sekitar 200 ribu petani di Jawa Tengah belum mendapatkan kartu tani, meskipun penggunaannya telah dimulai pada 1 Januari 2018, kata Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Jateng Peni Rahayu. Namun mereka yang belum mendapat kartu tani tetap bisa mendapatkan pupuk bersubsidi asal terdaftar dalam rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK.Kartu Tani adalah kartu debit BRI yang digunakan secara khusus untuk membaca alokasi pupuk bersubsidi dan transaksi pembayaran pupuk bersubsidi di mesin Electronic Data Capture (EDC) BRI yang ditempatkan di pengecer.kartu tani ini salah satu upaya Pemprov Jateng berkeja sama dengan kabupaten/kota seluruh Jateng untuk pendataan petani di seluruh Jateng, karena selama ini Jateng yang sudah berusia 65 tahun belum mempunyai data petani.

AKSI SOSIAL   PARA GURU DI KOTA MAGELANG

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Magelang, Jawa Tengah, menggalang solidaritas untuk Ahmad Budi Cahyono (26), guru SMAN 1 Trojan, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, yang meninggal dunia karena dianiaya muridnya. Ketua PGRI Kota Magelang Sumartono di Magelang, Rabu, mengatakan para guru di kota setempat mewujudkan solidaritas mereka dengan mengumpulkan dana secara sukarela untuk dikirim kepada keluarga almarhum.Bentuk keprihatinan kami dan rasa duka mendalam kami karena meninggalnya teman seperjuangan, dan untuk meringankan beban keluarga.Ia mengaku telah mengirim surat kepada pengurus cabang dan ranting PGRI se-Kota Magelang terkait dengan aksi solidaritas tersebut supaya diteruskan kepada para guru di setiap sekolah di daerah dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu.Surat tertanggal 5 Februari 2018 yang ditandatangani Ketua PGRI Kota Magelang Sumartono dan Sekretaris PGRI Kota Magelang Salamun itu, isinya antara lain ajakan kepada setiap guru untuk mengumpulkan dana sukarela minimal Rp2.000 per orang.

UNTIDAR SELEKSI  MAHASISWA BARU

Universitas Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah, menyosialisasikan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diikuti 140 orang perwakilan SMA dan sederajat dari sejumlah daerah.Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Untidar Kota Magelang Nuwun Priyono dalam kegiatan di Auditorium Untidar itu di Magelang mengatakan fokus utama kegiatan tersebut pada pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang merupakan syarat utama pendaftaran SNMPTN. SNMPTN adalah pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan portofolio akademik. Masa pengisian dan verifikasi PDSS mulai 13 Januari hingga 10 Februari 2018 melalui laman pdss.snmptn.ac.id.Ketua Panitia Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2018 Untidar Farikah menjelaskan tentang tersedianya dua fitur dalam pengisian PDSS, yaitu fitur normal dan fitur khusus.

TANAH LONGSOR ANCAM MAGELANG 

Hujan  yang masih mengguyur di wilayah magelang 

Berita Terkait